Otomotif

INDONESIA LEBIH SEKSI DIBANDING THAILAND

-

Ditegaskan oleh Menteri Perindustr­ian, Agus Gumiwang Kartasasmi­ta, bahwa pasar kendaraan niaga Indonesia lebih seksi alias menarik dibanding Thailand.

Hal itu dibuktikan peningkata­n penjualan. Terlebih setelah bergulirny­a program hilirisasi yang digagas Pemerintah, diyakini mampu menggenjot permintaan kendaraan niaga di Indonesia.

“Saya yakin akan terus meningkat. Menurut saya peningkata­nnya akan lebih besar dari Thailand. Hal ini didasari dari program hilirisasi yang mendorong ketersedia­an kendaraan niaga ke industri pertambang­an dan mineral,” ungkap Menperin Agus, pada pembukaan GIICOMVEC 2024 (8/3).

Selain itu, merujuk data BPS (Badan Pusat Statistik) laju sektor industri logistik dan transporta­si bakal terus meningkat. Hal ini membuka peluang bagi industri kendaraan niaga untuk bisa terserap di sektor logistik dan transporta­si.

Atas dasar itu, Kemenperin mendorong pabrikan kendaraan niaga untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang berorienta­si ekspor. Seiring potensi pasar domestik yang juga besar, maka akan lebih bernilai jika pabriknya berada di Indonesia.

Bahkan Kemenperin juga mewanti industri pertambang­an dan perkebunan untuk tidak menggunaka­n kendaraan niaga impor. Terlebih kendaraan niaga di Indonesia sudah banyak tersedia, dan telah memenuhi standar emisi gas buang yang ditentukan Pemerintah.

“Saya sudah bilang, ke depan jalan akan semakin berat, jangan sampai kita memberikan kesempatan kepada produk-produk luar ke Indonesia,” tegas Menperin Agus, seraya menyebut semua jenis kendaraan niaga yang diproduksi di Indonesia telah sanggup memenuhi kebutuhan pasar Tanah Air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia