Otomotif

ADA YANG LEBIH MURAH!

-

Kalau ada yang merasa harga sil sokbreker skutik Honda kemahalan, enggak usah khawatir, karena ada substitusi­nya dari merek lain, yang tentunya harga lebih terjangkau.

“Sebagian besar skutik punya diameter as sokbreker depan yang sama, yaitu 26 mm (Gbr.1),” buka Ardy Weendra Puspa Gotama, owner VPM Garage saat dihubungi beberapa waktu yang lalu .

“Misalnya sil sokbreker depan Honda BEAT, Honda Vario dan Honda Scoopy, sama dengan sokbreker Suzuki Address dan Nex,” jelas pria yang dipanggi Ardy.

Nah, di pasaran sil sokbreker depan Honda Vario lengkap dengan sil debunya dijual Rp 39 ribu (Gbr.2). Kalau diganti sepasang kanan dan kiri, berarti harganya jadi Rp 78 ribuan.

“Sedangkan kalau sepaket sil sokbreker depan skutik Suzuki ini hanya 65 ribu (Gbr.3),” kata Ardy.

“Kalau hanya ingin ganti sil olinya saja Rp 45 ribu,” tutupnya saat ditemui di Ruko Persada, Jl. Sawangan Permai Blok. B No.9, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Kalau dihitung-hitung, sil sokbreker depan skutik Suzuki lebih murah Rp 13 ribuan. Tentunya bisa jadi pilihan jika ingin menghemat dana saat membeli spare part.

Sebaliknya, pengguna skutik Suzuki yang kesulitan mencari sil sokbreker depan bawaan, bisa pakai milik skutik Honda yang lebih mudah ditemui. Karena bentuk dan dimensinya sama, sehingga bisa saling tukar pakai.

Seperti disinggung di atas, sil sokbreker ada 2 jenis, yaitu sil debu dan sil oli. Sil debu

(Gbr.4) fungsinya untuk menghalau atau mencegah debu yang menempel di as sokbreker masuk ke dalam suspensi.

Sementara itu, sil oli (Gbr.5) yang letaknya di bawahnya sil debu atau di bagian dalam, fungsinya untuk menyekat antara tabung dan as sokbreker, agar oli sokbreker tidak keluar.

Jika sil oli rusak, sobek atau mengeras, oli sokbreker bisa keluar, yang jika dibiarkan terus-menerus akan membuat kemampuan redaman suspensi jadi berkurang, akibatnya motor jadi kurang nyaman, atau malah limbung.

Kalau sil debu rusak dan dibiarkan, lama-lama as sokbreker bisa baret. Efeknya meski sil oli diganti, tetap akan terjadi kebocoran.

Makanya jika sil rusak, sebaiknya segera diganti.

 ?? ANDHIKA ??
ANDHIKA
 ?? HARI PANGESTU ?? 1
HARI PANGESTU 1
 ?? FOTO : AANT ?? 2
FOTO : AANT 2
 ?? ?? 5
5
 ?? ?? 3
3
 ?? ?? 4
4

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia