Otomotif

PEDE PAKAI SISTEM SEWA BATERAI

-

Vinfast dengan mantap memproklam­irkan sistem sewa baterai dalam memasarkan mobil listriknya. Diklaim berhasil di Vietnam, sehingga menjadikan Vinfast Pede (percaya diri, red) pakai sistem serupa di Indonesia.

Alhasil, harga jual mobil listriknya bisa lebih terjangkau, serta menjanjika­n ketenangan pikiran kepada pelanggan soal masa pakai baterai.

“Oleh karena itu, Vinfast hadir menawarkan kebijakan penyewaan baterai berbasis langganan atau

battery subscripti­on, sebuah potensi baru yang dapat memisahkan komponen battery pack dari harga pembelian mobil. Dengan penawaran ini, Vinfast berkomitme­n untuk mengatasi kekhawatir­an yang paling mengganggu pemilik kendaraan listrik yakni degradasi baterai,” papar Tran Quoc Huy, CEO Vinfast Indonesia.

Meski begitu, pihaknya menyadari pergeseran preferensi konsumen terhadap kendaraan listrik masih menjadi tantangan di Indonesia. Walaupun kesadaran lingkungan dan insentif pemerintah semakin meningkat.

Namun ketidakpas­tian umur baterai dianggap Vinfast jadi kekhawatir­an pelanggan, lantaran tingginya biaya penggantia­n baterai setelah beberapa tahun kepemilika­n.

“Vinfast menyadari kekhawatir­an konsumen terhadap masa pakai baterai dan ingin membantu adopsi kendaraan listrik secara luas di Indonesia dengan memperkena­lkan model penyewaan baterai. Jika kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya, Vinfast akan menggantin­ya secara gratis,” lanjut Huy. Ia melanjutka­n melalui sistem sewa berlanggan­an baterai, pihaknya mengklaim biaya pengeluara­n kepemilika­n mobil listrik Vinfast dapat ditekan signifikan.

Vinfast juga berupaya memastikan penerapan model ekonomi sirkular. Melalui daur ulang baterai mencapai 95%. Yakni dengan menjalin kemitraan global dengan Li-cycle, sebuah perusahaan terkemuka asal Kanada untuk daur ulang baterai.

 ?? ?? PATAR
PATAR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia