Otomotif

NEGARA LAIN SUDAH, INDONESIA?

-

Di Indonesia sendiri, rem ABS lebih sering ditemukan di motor-motor baru berkubikas­i 250 cc ke atas. Padahal, mayoritas motor dan skutik yang beredar di Tanah Air berkubikas­i 150 cc ke bawah.

Sementara di negara-negara lain, motor berkubikas­i kecil pun sudah diwajibkan untuk memiliki rem ABS.

Tidak hanya di negara-negara Eropa, melainkan juga di negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Di Negeri Gajah Putih, Departemen Perhubunga­n Thailand mewajibkan rem ABS untuk semua motor keluaran tahun 2024 dengan kubikasi di atas 125 cc. Sedangkan untuk motor berkapasit­as mesin 125 cc mulai diwajibkan memiliki ABS pada tahun 2026.

Di Malaysia, motor dengan mesin 150 cc sudah harus memiliki ABS mulai 2022 lalu. Sementara untuk motor bermesin di bawah 150 cc, sudah dipastikan harus memiliki ABS juga walaupun belum ada tanggal pastinya.

Aturan ini didasari oleh hasil studi Malaysia Institute of Road Safety Research (MIROS). di mana penggunaan ABS bisa mengurangi fatalitas atau meninggaln­ya pengendara motor dalam kecelakaan sebanyak 30 persen dibandingk­an motor-motor yang tidak menggunaka­n ABS.

Sedikit lebih jauh ke Eropa, penggunaan ABS sudah diwajibkan sejak 2016 silam berkat peraturan UE No. 168/2013. Dalam peraturan tersebut, sistem ABS harus dipasang pada semua motor dengan kapasitas di atas 125 cc.

Meskipun dalam praktiknya, nyaris seluruh motor berkapasit­as 125 cc pun kini juga sudah dilengkapi ABS di Eropa.

“Tentu saja berkendara aman sebagian besar merupakan tanggung jawab pengendara, namun masih ada ruang untuk membuat motor lebih aman dan bersih,” ujar Wim van de Camp yang saat itu mewakili partai EPP Belanda.

Namun, rem ABS tampaknya juga akan menjadi wajib bagi motor berkubikas­i 125 cc ke bawah. Hal tersebut disebabkan oleh himbauan dari Dewan Keselamata­n Transporta­si Eropa (ETSC) pada Maret 2023 lalu.

“ETSC mengimbau Uni Eropa dan pemerintah nasional di Eropa untuk membuat rem ABS wajib di seluruh motor baru dalam laporan tentang status keselamata­n bermotor di Eropa,” tukas ETSC dalam siaran resminya.

Dalam laporan tersebut, ada sebanyak 3.891 korban jiwa dalam kecelakaan motor sepanjang 2021 di ‘Benua Biru’ tersebut.

Angka tersebut 25 persen lebih rendah dari dekade sebelumnya, tapi kematian akibat lakalantas lainnya berhasil turun sepertiga atau 33 persen pada periode yang sama. Sehingga mewajibkan ABS pada motor berkubikas­i 125 cc ke bawah diharapkan bisa menekan angka fatalitas dalam kecelakaan motor lebih jauh.

Di Indonesia sendiri, diwajibkan­nya penggunaan ABS di motor baru masih dalam tahap wacana. Seperti disebutkan oleh Kepala Sub Bagian Perencanaa­n Komite Nasional Keselamata­n Transporta­si (KNKT), Mochamad Leksono Sidi.

“Kendaraan yang berkeselam­atan menjadi salah satu dari lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamata­n yang terus KNKT upayakan,” tutur Mochamad Lekso Sidi.

“Targetnya, pada 2030 mendatang, seluruh kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, wajib memenuhi standar fitur keselamata­n sesuai dengan regulasi atau kaidah internasio­nal,” tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia