Otomotif

MODIFIKASI CVT BEAT

- konsultasi.r2@gmail.com ASUHAN: AANT

Mas Aant, minta saran dong. Pengin naikin akselerasi Honda BEAT. Enaknya pake rumah roller bubut & kerok jalur atau rumah roller standar pake

sliding roller ya? Kemarin saya beli roller 10 gram dr. Pulley malah top speed turun jauh, motor menjerit tapi enggak lari.

Terus rumah mangkok ganda merek Proper bagus gak & kelebihann­ya apa? Terima kasih. Agung Budhi Satrio – Via DM

Halo Agung, untuk meningkatk­an akselerasi skutik paling mudah memang memainkan area CVT, termasuk ubah bobot roller. Dari pilihan yang disebutkan, saya lebih condong pakai puli standar tapi jalur roller dikerok diperpanja­ng, dan dikombinas­i dengan roller yang bobotnya sedikit diperingan. Jadi tarikan lebih ringan tapi top

speed bisa sedikit terkerek. Sesuai prinsip gaya sentrifuga­l, kalau mau akselerasi cepat memang bisa dengan meringanka­n bobot roller. Semakin ringan mesin mudah teriak, tapi atasnya akan semakin “kosong”, karena tak mampu membuka puli secara maksimal.

Makanya ketika pakai roller

10 gr top speed turun. Sebaiknya kalau mesin standar, bobot roller cukup turun 2 gr saja.

Sebaliknya semakin berat bobot roller, maka tarikan awal lebih lambat tapi atasnya lebih kuat karena dengan putaran yang sama, puli primer bisa terbuka lebih maksimal.

Untuk mangkok atau rumah kopling sentrifuga­l, sebenarnya cukup pakai standar yang dimodifika­si, dengan dikasih alur biar kampas lebih menggigit atau bahasa bengkelnya dikartel. Tapi kalau mau pakai versi aftermarke­t juga enggak masalah. Apakah bisa menambah top speed? Saya rasa tak begitu pengaruh.

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia