Otomotif

BUNGKUS & FISIKNYA

-

Peredaran busi palsu di pasaran memang sudah marak. Membedakan busi asli, khususnya dari merek NGK (Gbr.1) dengan yang palsu ternyata bisa diketahui melalui bungkusnya.

“Kalau dari bungkusnya (Gbr.2) paling kelihatan, busi NGK yang asli sekarang ada logo Nittera-nya,” buka Iman Akbar, Aftermarke­t

Technical Support Nittera Mobility Indonesia, pabrikan busi NGK.

“Dari warna bungkus busi NGK palsu itu berwarna agak pudar,” tambahnya saat ditemui beberapa waktu yang lalu. Sedangkan bungkus busi NGK yang asli berwarna lebih cerah.

Selain dari warna bungkus, membedakan busi NGK asli dan palsu 1 bisa juga dari fisik businya (Gbr.3). “Warna metal shell

nya, antara busi NGK yang asli dan palsu itu beda,” tegas Iman.

“Busi NGK palsu itu warna silver agak kehijau-hijauan seperti warna baut murah,” tuturnya saat ditemui di daerah Ciracas, Jakarta Timur. Sedangkan untuk NGK yang asli itu warna besinya silver bersih tanpa ada warna kehijauann­ya!

REFURBISH

Hal menarik berikutnya berdasarka­n hasil temuan PT Nittera Mobility Indonesia, ternyata ada dua jenis busi motor NGK palsu

(Gbr.4) yang sudah banyak beredar. “Busi palsu itu ada dua kategori, yaitu refurbish dan juga fake,” terang Diko Octaviano, ATS & Product Developmen­t Assistant Manager PT Nittera Mobility Indonesia.

Busi palsu jenis refurbish ternyata berasal dari busi motor bekas. “Busi palsu refurbish itu berasal dari kumpulan busi-busi bekas pakai, dibersihka­n kadang diperbaiki lagi,” jelas Diko saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

Setelah itu, busi refurbish diberi bungkus yang menyerupai dengan busi NGK asli.

“Sedangkan busi motor yang termasuk fake (palsu) itu berasal dari industri rumahan di luar negeri,” lanjut Diko menjelaska­n. “Kemudian dikirim ke Indonesia lengkap dengan bungkus dan label seperti busi NGK yang dijual di Indonesia,” tambahnya.

“Busi-busi yang terindikas­i palsu itu baru kami cari melalui dua

e- commerce besar,” tutupnya saat ditemui di daerah Ciracas, Jakarta Timur.

Makanya, buat yang ingin membeli busi baru harus berhatihat­i jangan sampai salah beli. Pastikan membeli di toko terpercaya dan jangan sampai tergiur harga kelewat murah, karena bisa saja itu busi palsu!

Jika pakai busi palsu, tentunya performa jadi kurang maksimal, mesin jadi kurang bertenaga akibat pembakaran tak sempurna, boros bensin dan bisa sampai mogok karena hilang pengapian.

 ?? FOTO: ISAL ?? Ultra Speed Racing : 0817-858-080
FOTO: ISAL Ultra Speed Racing : 0817-858-080
 ?? ?? 4
4
 ?? ??
 ?? ?? 3
3
 ?? ?? 2
2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia