Otomotif

DATANG, BAYAR, BALAPAN

-

Sejak sirkuit Mandalika dibuka tahun 2021, tentu banyak yang penasaran dengan kualitas sirkuit berstandar FIM Grade 1. Banyak kalangan komunitas sampai membawa motor-motor Superbike 1000 cc jauh-jauh dari Pulau Jawa ke Mandalika guna mencicip cornering di Mandalika.

Namun tentu saja tidak semua komunitas motor bisa melakukann­ya karena hanya kalangan tertentu dengan finansial tinggi yang bisa melakukann­ya. Karena butuh dana untuk mengirim motor, mencari penginapan, menyewa paddock, juga biaya selama di sana.

Meskipun bengkel-bengkel yang berbasis di Jakarta seperti RC Motogarage dan LAYZ juga kerap membuka paket Track Day Mandalika. Hingga akhirnya pihak Mandalika Grand Prix Associatio­n (MGPA) melakukan terobosan lebih.

Dengan membuka rental atau penyewaan motor untuk Track Day bagi yang penasaran ingin cornering layaknya pembalap Motogp. Motor yang digunakan adalah Honda CBR250RR yang sudah dimodifika­si pada suspensi, knalpot dan ban.

“Jadi ini motor bisa disewakan, untuk sebagai awalan dulu mempelajar­i racing

line, pengereman­nya, sama membiasaka­n diri sama angin kencang di Mandalika, kalau motornya lebih kecil baru bisa pakai motor yang lebih besar,” ulas Priandhi Satria, Direktur MGPA.

Selain motor, kini juga ada mobil untuk track day dan merasakan sirkuit Mandalika dari sisi pembalap mobil. Motor yang digunakan adalah Toyota Agya GR Sport dengan spesifikas­i yang sama persis dengan Agya ITCR 1200 dari tim pabrikan, Toyota Gazoo Racing Indonesia ( TGRI).

Spesifikas­i Toyota Agya yang disewakan sudah sangat mumpuni untuk balap. “Mulai dari remap ECU dari Gazoo Racing Jepang, upgrade rem, suspensi adjustable Koni, setir, jok balap bucket seat, seat belt 6 titik hingga roll cage untuk keamanan,” papar Denny Pribadi, Divisi Motorsport MGPA.

Ditambahka­nnya, “Yang penting sehat dan bisa nyetir transmisi manual. Dan nantinya dari tim MGPA juga akan mendamping­i dan memberikan arahan bagaimana membawa mobil balap di sirkuit dengan proper,” lanjutnya. Persiapan peserta untuk track day motor dan mobil sedikit berbeda.

BIAYA PAKET

Jika track day mobil, maka peserta benar-benar hanya datang ke sirkuit Mandalika dan mengonfirm­asi kedatangan dan pendaftara­n. Untuk helm, racing suit, sepatu balapan dan sarung tangan semuanya disediakan pihak MGPA. Sedangkan untuk motor sedikit berbeda.

Karena helm, racing suit, sarung tangan dan boots pun harus disediakan oleh peserta. Alasannya sederhana karena racing suit balap motor lebih dibuat khusus untuk perorangan, pun dengan helm full

face yang lebih mahal, sedangkan saat menyewa mobil, helm yang disediakan adalah half face.

Untuk biaya penyewaan mobil satu jam dikenali biaya Rp 2 juta plus pajak 11%. Untuk Per 3 jam dengan dua sesi, pagi dan sore seharga Rp 6 juta.

Sedangkan menyewa motor CBR250RR dikenakan biaya Rp 500 ribu per satu jam. Untuk paket 3 jam, pagi dan sore dengan biaya RP 1,5 juta. Jika ambil satu hari sampai jam 5 sore dibanderol Rp 3 juta.

Semuanya sudah termasuk biaya paddock, bensin dan ban, juga

marshal lintasan. Murah atau mahal tuh jadinya?

 ?? FOTO: DOK. MGPA ??
FOTO: DOK. MGPA
 ?? RANDY ?? Toyota Agya GR Sport dengan spesifikas­i yang dibuat mirip dengan milik Toyota Gazoo Racing Indonesia
RANDY Toyota Agya GR Sport dengan spesifikas­i yang dibuat mirip dengan milik Toyota Gazoo Racing Indonesia
 ?? REYHAN ?? Honda CBR250RR disiapkan untuk merasakan sensasi sirkuit Mandalika yang memang didesain untuk Motogp
REYHAN Honda CBR250RR disiapkan untuk merasakan sensasi sirkuit Mandalika yang memang didesain untuk Motogp

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia