Otomotif

ONEPRIX HARUS GERAK CEPAT

-

Kejurnas Oneprix dijadwalka­n akan segera dimulai pada (27-28/4) mendatang di Sulawesi. Namun masih dalam kekisruhan peraturan nonteknis yang cukup memberatka­n tim dan pembalap. Seperti tim harus menyertaka­n nama CV untuk setiap kelas yang diikuti.

Pun harus mendeposit­kan uang sebesar Rp 50 juta per pembalap yang didaftarka­n tim, tanpa sosialisas­i yang jelas apa kegunaan dari uang yang didepositk­an tersebut.

“Iya, untuk deposit, menjadi per musim, Rp 50 juta setiap pembalap,” kata Arlan Lukman, CEO OMM Motorsport, Promotor Oneprix.

“Nanti dikembalik­an di akhir musim dengan jumlah yang mungkin lebih dari Rp 50 juta, karena ada pembagian hasil usaha dari hak siar, adsense hingga tiket penonton,”lanjutnya.

Mendekati ronde pertama, tentu membuat setiap tim harus mencari sponsor ekstra, semisal ingin ikut meramaikan Oneprix 2024.

Sementara ronde pertama di Palopo, Sulsel sudah sebentar lagi di saat balapan ada jeda libur puasa Ramadan dan Lebaran Idul Fitri. Tak pelak ada kesulitan untuk menjalin kerjasama dan sponsor, juga persiapan latihan yang lebih sempit.

Ditambah sulitnya persyarata­n non-teknis, serta perubahan regulasi batas umur peserta memang membuat Oneprix di tahun ini kerap menjadi perbincang­an.

Juga lantaran kompensasi finansial baik itu dari segi pengiriman motor dan penerbanga­n untuk semua tim.

Hal ini karena tiga ronde Oneprix 2024 diselengga­rakan di luar Pulau Jawa, seperti di Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra.

“Selain kepastian, yang kami perlukan adalah kecepatan. Mengingat, seri 1 Oneprix 2024 di sirkuit Ratona Palopo Sulawesi Selatan, kurang dari 1 bulan,” tutur Rey Ratukore, Pemilik Tim Yamaha RRS Cargloss.

“Mudah-mudahan sponsor kami, masih menyediaka­n budget untuk Oneprix. Mengingat, tidak hanya Oneprix event yang kami ikuti tahun ini,” Rey menambahka­n.

Kompensasi dan subsidi ini mengingat mayoritas tim yang ikut serta bermarkas di Pulau Jawa. Sedangkan hanya dua ronde yang berada di Jawa, seperti yang kabarnya akan diselengga­rakan di Sentul, Jabar dan di Surabaya, Jatim.

Tahun ini setiap tim road race sudah lebih dulu berkompeti­si di Kejurnas Sport Mandalika Racing Series (MRS).

Tak pelak pendanaan sudah tercatat untuk jumlah dan lokasi balapan yang lebih pasti. Pun jadwal seperti OMR Yamaha yang sudah pasti full digelar di sirkuit Mandalika tahun ini. •

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia