Otomotif

LAYANAN REST AREA

-

Mengantisi­pasi tingginya mobilitas di rest area, Jasa Marga melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business memastikan fasilitas dan pelayanan di 59 rest area berjalan dengan optimal.

“Jasa Marga akan melakukan rekayasa flow kendaraan di dalam rest area, menyediaka­n SPBU modular di 14 lokasi rest area, menambah toilet fungsional sebanyak 599 bilik, menyediaka­n klinik kesehatan bekerjasam­a dengan Pertamina di rest area 725A Jalan Tol Surabaya-mojokerto, 792A dan B Jalan Tol Gempol-pasuruan dan 66A Jalan Tol Pandaan Malang,” beber Lisye.

Pihaknya juga menambah posko layanan kesehatan, dan posko polisi, berkoordin­asi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM, pengaturan antrian SPBU dengan penempatan petugas, hingga berkoordin­asi dengan Kepolisian untuk pelaksanaa­n buka tutup jika rest area mengalami kepadatan.

Selain itu, disediakan charging station untuk memfasilit­asi pengguna mobil listrik yang butuh

recharge. “Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediaka­n Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 25 titik rest

area, bertambah dari sebelumnya yang berjumlah 17 titik,” lanjut Lisye.

Masih menurutnya, Jasa Marga menambah 41 unit derek menjadi total 181 unit, serta penambahan perlengkap­an untuk percepatan penanganan gangguan kendaraan. “Kami juga menambah sarana prasarana lalu lintas seperti penambahan

4.500 buah rubber cone menjadi total 23.239 buah serta penambahan rambu rekayasa lalu lintas,” urainya lagi.

Adapun untuk peningkata­n layanan di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas bantu transaksi, termasuk di dalamnya personil pengarah lalu lintas, serta penambahan 62 unit mobile reader menjadi 536 unit.

Dilanjut, seluruh pekerjaan konstruksi dihentikan pada H-10 sampai H+10 Idul Fitri, terutama yang berpotensi mengganggu lalu lintas. Meski begitu untuk mengantisi­pasi kondisi khusus akibat cuaca ekstrem, tetap disiagakan petugas preservasi untuk melakukan pemantauan dan penanganan.

“Selain itu, peningkata­n teknologi juga terus dilakukan diantarany­a dengan melakukan upgrade dengan menambah fitur baru dalam Aplikasi Travoy, yakni fitur Travoy Journey, yang menghadirk­an informasi pilihan rute, sekaligus tarif tol, CCTV real time, info rest area, hingga info lalu lintas terkini,” tambah Lisye.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia