Otomotif

PERFORMA & KONSUMSI ENERGI

-

Pada kesempatan road test ini, selain mengeksplo­rasi performa dan fitur kendaraan, kami juga mau mencari tahu seberapa jauh mobil ini bisa dikendarai. Makanya kami ajak menempuh perjalanan panjang dari Tangerang Selatan menuju kawasan wisata Anyer, Cilegon, Banten. Sekalian mau jajal SPKLU Ultra Fast yang tersedia di jalur tol Jakarta-merak.

Oiya, MG ZS EV ini punya 3 mode berkendara, yaitu Eco, Normal dan Sport. Secara performa, seluruh mode berkendara tersebut memiliki karakter yang berbeda, termasuk dalam hal konsumsi daya listriknya.

Sengaja kami aktifkan pada mode Normal saat start dari pintu gerbang Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang. Nah, kurang lebih sekitar 4-5 km di depan kami, sudah mulai dihadapkan kemacetan yang cukup padat merayap. Tepatnya mulai dari pintu keluar Bitung sampai gerbang tol Cikupa, yang ditempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Setelah lepas dari gerpang tol Cikupa jalan sudah mulai lancar kembali. Saat kondisi lancar, kami coba jajal beberapa fitur ADASnya, salah satunya Adaptive Cruise Control, yang membuat mobil menjaga jarak dengan mobil di depan.

Adapun fitur lainnya yaitu TJA (Traffic Jam Assist), ELK (Emergency Lane Keep Assist), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), SCS (Stability Control System), HSA (Hill Start Assist System) dan lain sebagainya.

Sampai di rest area Km 43 Balaraja, kami langsung menuju SPKLU PLN Ultra Fast Charging dengan port CCS2 berdaya 50 kw untuk mengisi daya materai mobil ini. Saat itu sisa baterai tinggal 42%. Hasilnya, untuk mencapai 100%, butuh waktu sekitar 55 menit, dengan biaya yang dikeluarka­n hanya Rp 72.475 saja. Murah kan?

Setelah baterai tersisi 100% kami melanjutka­n perjalanan menuju Anyer. Tiba-tiba kami dihadapkan kembali pada kemacetan parah sebelum gerbang tol Cilegon Barat yang tinggal 4 Km saja, tepatnya di Km 93. Berdasarka­n informasi dari pihak kepolisian yang berjaga bahwa terjadi antrian panjang mobil di Pelabuhan Merak yang akan ke Sumatera.

Saat mulai dari titik macet parah tadi hingga ke pintu tol Cilegon Barat, kami butuh waktu 1 jam 45 menit. Akhirnya lolos dari jebakan macet dan kami bisa sampai di Anyer, dengan sisa baterai 71%.

Oiya, MG ZS EV ini dibekali baterai dengan kapasitas 50,3 kwh. Saat kondisi baterainya penuh, klaimnya mobil ini bisa menempuh jarak sampai 403 km.

Motor listriknya memiliki daya maksimum sebesar 130 kwh atau setara 177 dk pada mode Sport. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 280 Nm.

Nah, dengan performa segitu, saat kami coba bejek gas pol dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam, MG ZS EV Magnify ini mampu menuntaska­nnya hanya dalam waktu 7,5 detik. Woww.. kenceng juga nih mobil!

Lantas bagaimana dengan konsumsi listriknya? Saat kami uji untuk pemakaian dalam kota pada kecepatan rata-rata 22 km/jam, terlihat pada MID pemakaian rata-rata daya listriknya berada di angka 8,5 km/kwh. Sedangkan ketika diuji berlari konstan di kecepatan 90 km/jam di jalan tol, konsumsi listriknya 5,5 km/kwh.

 ?? ?? Untuk menjaga perjalanan nyaman. Kita wajib pantau titik SPKLU yang akan kita lalui
Untuk menjaga perjalanan nyaman. Kita wajib pantau titik SPKLU yang akan kita lalui

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia