Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Salah satu keunggulan Burgman Street 125EX adalah punya banyak fitur fungsional dan cukup canggih meski tergolong ketinggala­n.

Yang fungsional pertama tentu adanya bagasi 21,5 liter, jauh lebih besar dari milik Vario 125 yang cuma 18 liter. Bagasi ini bisa muat sebuah helm half face dan beberapa barang lain, misal jas hujan dan sarung tangan.

Berikutnya yang juga fungsional untuk penggunaan harian tentu adanya konsol di bawah setang kanan, yang ukurannya sangat dalam, sehingga botol minum 600 ml bisa masuk tanpa takut mudah terjatuh meski saat lewat jalan bergelomba­ng.

Sementara itu di bawah setang kiri ada laci, bisa juga buat menaruh bawaan yang cukup penting karena ada tutupnya. Misal untuk meletakkan

smartphone, dan bisa sekaligus mengisi ulang baterainya, karena di dalamnya sudah ada power outlet model USB. Oiya ukuran lacinya juga termasuk besar.

Kemudian, masih berhubunga­n dengan akomodasi Burgman Street 125EX juga punya dek yang ukurannya sangat luas. Bisa untuk membawa 2 buah galon air mineral ukuran 19 liter.

Bukan hanya itu, di bagian bawah setang ada gantungan barang, jadi belanjaan bisa digantungk­an di situ. Jika kurang, ada satu lagi gantungan yang model pakai pengait, letaknya di bagian dek area belakang, dekat engsel jok.

Nah untuk membuka joknya simpel, tinggal putar kontak ke kiri dari posisi

off. Oiya kontaknya masih mekanis belum keyless, tapi sudah ada pengaman magnet.

Lanjut kita bahas fitur yang berhubunga­n dengan sistem elektronik. Langsung tampak tentunya lampu utama yang ukurannya tergolong besar dan kesannya mewah, karena ada aksen krom.

Sorot lampunya seperti apa? Ternyata lampu dekatnya biasa saja, putih khas LED namun tak begitu tebal serta termasuk sempit. Ketika lampu jauh dinyalakan maka akan mengisi sisi atasnya sehingga menambah tebal. Untuk penggunaan harian di perkotaan yang lampu jalannya sudah memadai tentu tak ada masalah, namun untuk yang sering melintasi jalan luar kota yang gelap gulita, tampaknya harus pasang lampu tambahan.

Untuk lampu remnya justru sangat terang dan jelas, bentuk sorotnya juga keren. Lampu sein yang masih pakai bohlam sorotnya juga termasuk jelas walaupun dilihat dari kejauhan.

Oiya untuk panel sakelar Burgman Street 125EX ini tergolong sederhana. Yang kiri hanya ada tombol lampu jauhdekat, sakelar lampu sein dan klakson. Suara klaksonnya nyaring!

Sementara itu di setang kanan lebih simpel lagi, hanya ada 1 sakelar yang punya 2 fungsi. Pertama tentunya untuk

starter dengan ditekan bagian bawah. Yang kedua untuk mengaktifk­an dan mematikan fitur Engine Auto Stop Start

(EASS), sebuah fitur yang mirip dengan ISS di Honda atau

SSS di Yamaha. Untuk

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia