Otomotif

BERANTAKAN DI HARI MINGGU

-

World Rally Championsh­ip ( WRC) atau Kejuaraan Reli Dunia ronde keempat di Kroasia (18-21/4) sudah dimulai baik oleh Thierry Neuville. Perelli Hyundai Shell Mobis WRT itu sudah unggul sejak Special Stage pertama (SS1).

Bahkan Neuville unggul sampai hari Sabtu yang membuatnya unggul secara keseluruha­n di hari akhir hari Sabtu dan berhak membungkus 18 point. Namun kesialan terjadi bagi pembalap asal itu di hari Minggu siang kala di SS 18.

Kesalahan dalam mengisi pace note membuatnya salah menentukan titik berbelok dan Hyundai i20 N Rally besutannya tergelinci­r ke rerumputan. Ia kerugian 23,3 detik, di kala sudah unggul 4,9 detik dari catatan waktu keseluruha­n.

Kesalahan kecil yang harus dibayar mahal karena usahanya unggul di hampir semua SS gagal ia tutup sebagai pereli pemenang WRC Kroasia.

“Tentu saja saya cukup frustasi karena saya unggul di hari Jumat dan Sabtu, tetapi melakukan kesalahan fatal di 2 SS terakhir,” Neuville menjelaska­n.

“Namun sisi positifnya, point yang kami dapatkan di Krosia ini sama persis dengan Elfyn Evans, lalu hanya berselisih satu angka dengan Ott Tanak. Tidak kehilangan banyak angka, meski kemenangan diraih oleh Sebastien Ogier,” imbuh pembalap berkacamat­a itu.

Dengan sistem point baru dari WRC memang membuat banyak pereli yang mengalami kesialan tidak kehilangan banyak angka. Seperti Neuville yang masih diuntungka­n dengan nish terbaik sampai Sabtu, sehingga mendulang 18 point sebagai angka tertinggi.

UNTUNG DI SABTU

Lalu ia masih menempati peringkat ketujuh di hari Minggu, sehingga ada ketambahan 1 point yang bisa ia bawa pulang dari Kroasia. Pun dengan Elfyn Evans ( Toyota Gazoo Racing WRT) yang juga meraih 19 point.

Tak pelak tidak ada selisih angka yang berkurang dari kedua pereli ini. Neuville masih memimpin dengan 86 point di puncak klasemen sementara dan

Elfyn Evans di peringkat kedua.

Sebastien Ogier ( Toyota

Gazoo Racing WRT) yang baru kembali berkompeti­si setelah absen dua ronde pun puas sebagai pemenang.

Total 21 point ia bawa pulang dari kroasia dan membuatnya melesat ke peringkat lima sementara dengan total 45 point.

“Saya tidak menduga akan masalah yang dialami Neuville dan Evans, mereka selalu tangguh sejak SS pertama dan kesalahan di hari Minggu menggagalk­annya,” kata Ogier.

“Benar-benar drama yang terjadi di hari terakhir WRC Kroasia. Saya senang dengan hasil yang didapatkan sebagai pemenang. Dua ronde tidak balapan, saya masih bisa mengejar ketertingg­alan untuk di klasemen,” lanjutnya.

 ?? ?? FOTO:REDBULL CONTENT POOL
FOTO:REDBULL CONTENT POOL
 ?? ?? T R O P S R O T M I A D N U Y H
Sebasttien Ogier (kiri) berhasil amankan podium tertinggi usai dua ronde absen
T R O P S R O T M I A D N U Y H Sebasttien Ogier (kiri) berhasil amankan podium tertinggi usai dua ronde absen
 ?? ?? Kesalahan pacenote gagalkan dominasi
Thierry Neuville di
WRC Kroasia
Kesalahan pacenote gagalkan dominasi Thierry Neuville di WRC Kroasia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia