Otomotif

INDONESIA MAKIN DIPERHITUN­GKAN

-

Dua pembalap Indonesia di kancah World Supersport 300 ( WSSP300) semakin diperhitun­gkan di Balap Dunia kelas bulu ini.

Buktinya, pada ronde kedua di Assen, Belanda (20-21/4), Galang Hendra Pratama dan Aldi Satya Mahendra semakin menunjukka­n taringnya.

Meski tidak berhasil podium di Belanda, kedua kakak-adik ini menunjukka­n kapabilita­s kalau Yamaha R3 memang masih punya taji setiap balapan di Assen.

Aldi Satya mencetak fastest

lap pada balapan pertama dan membuatnya berhak memulai balapan kedua di posisi terdepan atau pole position.

“Sempat ada kesulitan di sesi latihan karena cuaca sangat buruk. Kita kesulitan untuk mendapatka­n

setup, khususnya rasio gir dan suspensi. Jadi memaksimal­kannya di sesi pemanasan hingga mendapatka­n hasil balapan yang cukup baik,” kata Aldi.

Pembalap bernomor 57 itu bisa bersaing di posisi terdepan dan terlihat tergesa-gesa untuk segera memimpin balapan dengan jarak yang signi kan. Hingga akhirnya ia agak kesulitan di penghujung balapan dan posisinya tercecer menjelang lap terakhir.

Ternyata masalah yang dialami Aldi adalah ban yang sudah lebih cepat aus. Lantaran ia memaksa kencang sejak awal balapan dan membuat manuver agresif hingga berpengaru­h pada ketahanan ban.

Hal itu tentu diwaspadai oleh Galang Hendra yang lebih berpengala­man di WSSP300. Balap motor kecil semuanya dipertaruh­kan pada dua atau tiga lap terakhir, sehingga jangan memaksa sedari start.

Ini dibuktikan oleh Galang yang start dari posisi 12 tetap bisa nish di posisi kelima dan beberapa kali bersaing untuk posisi pertama.

“Kesulitann­ya memang menjaga posisi di antara Kawasaki dengan power yang lebih besar (Ninja 400). Jadi kami harus menemukan celah yang tepat di penghujung balapan untuk bisa mendahului pembalap satu per satu,” urai Galang.

“Begitu mendapatka­n momentum, baru memaksa ban sampai akhir balapan. Hasilnya sangat bagus bagi saya pribadi dan tim. Sekarang menunggu untuk

home race tim saya (Pro GP Niti Racing) di Misano (Italia) di ronde ketiga,” imbuhnya.

Pada seri Misano nanti, para penunggang Yamaha R3 memang berpeluang untuk lebih kompetitif. Karena ada balapan khusus motor 300 cc dan OMR R3 dengan skala nasional di Italia. Tak pelak data motor dan pengalaman pembalap lebih diuntungka­n di sana.

 ?? ??
 ?? FOTO: YAMAHA RACING ?? Galang Hendra pandai dalam menjaga kondisi ban motor
FOTO: YAMAHA RACING Galang Hendra pandai dalam menjaga kondisi ban motor
 ?? ?? Aldi Satya terlihat terlalu bernafsu pada dua balapan di Assen.
Aldi Satya terlihat terlalu bernafsu pada dua balapan di Assen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia