Otomotif

EL PARON PASANG TURBOFAN

LUBANG SEIN DITUTUP DIHILANGKA­N

-

Workshop Vespuci tidak pernah gagal dalam mengcustom sebuah Vespa. Tak terkecuali karya terbaru workshop yang digawangi oleh Yusup Faizal Gantama ini. Menggunaka­n basis Vespa S 150 3V, motor ini jadi Vespa custom ke-7 buatan Vespuci Custom Department.

“Vespa ini diberi nama El Paron yang berarti Gentleman,” jelas Yusup yang bermarkas di Jl. A.H. Nasution, Karang Pamulang, Mandalajat­i, Bandung, Jawa Barat.

Diberi nama tersebut karena Vespa ini mengusung konsep maskulin, classic dan sporty. Dari Vespa S standar, Yusup melakukan ubahan pada bodi berupa menutup lubang sein depan dan belakang, serta membuat ulang dudukan stoplamp dan sein belakang.

Lantas bodi yang lebih klimis dibalur paduan kelir krem dan hitam. Sontak kesan classy dan ekslusif langsung terpancar.

Melengkapi tampilan barunya, Yusup memasang sederet aksesori pelengkap. Seperti sportscree­n buatan Vespuci sendiri, kemudian middle rack atau rak tengah dengan sentuhan kayu untuk memberi kesan classic dan maskulin.

Bagian tengah dek juga dibuat ulang dengan aksen kayu. Sebagai pelengkap ada back rack yang dibuat oleh Fabrica Developmen­t.

Bodi klimis didukung kakikaki yang juga lebih mumpuni. Sokbreker depan dan belakang comot Cif Carbone dari Italia. Kemudian cover fork depan menggunaka­n Forscher dari Fabrica Developmen­t. Agar lebih rendah, lowering kit Abori II dari merek yang sama juga dipasang.

Sementara itu pelek

10 inci bawaan Vespa S dibiarkan standar, tapi diberi tambahan turbofan custom Fabrica Developmen­t. Turbofan ini berupa cover di pelek yang umum digunakan mobil balap rally atau touring jaman dahulu. Berguna untuk mendingink­an perangkat pengereman selama balapan.

Yusup juga memasang handgrip dari Vans berwarna cokelat dan handel rem Excal, serta tutup lubang spion Samata II dari Fabrica

Developmen­t. Mempermani­s tampilan, stoplamp dan sein belakang pakai SIP. Modelnya terpisah dua buah, sukses menambah aura sporty.

Dari tadi sudah membaca beberapa kali merek Fabrica Developmen­t? Nah, Fabrica Developmen­t merupakan unit usaha Vespuci yang membuat aksesori untuk Vespa. Mirip seperti Custom Kit dari Katros Garage.

Yusup menyebut proses pengerjaan El Paron memakan waktu 3 bulan dengan biaya sekitar Rp 70 juta. Hasilnya? Luar biasa rapi! Ditunggu karya selanjutny­a kang! •

 ?? FOTO: ISTIMEWA ?? Cover fork depan pakai lansiran Forscher
Headlamp kotak Vespa S diberi sportscree­n, kemudian sein depan dieliminas­i
FOTO: ISTIMEWA Cover fork depan pakai lansiran Forscher Headlamp kotak Vespa S diberi sportscree­n, kemudian sein depan dieliminas­i
 ?? ?? Rak tengah berikut alas dek motif kayu sumbang kesan klasik
Knalpot PM Tuning lengkapi mesin 150 cc 3V Vespa S
Jok custom dilapis dua jenis kulit berwarna cokelat
Handgrip cokelat ini buatan produsen sepatu Vans
Buritan terlihat beda berkat stoplamp
SIP plus tambahan rak custom
Pelek depan dan belakang diberi tambahan turbofan, keren banget!
Rak tengah berikut alas dek motif kayu sumbang kesan klasik Knalpot PM Tuning lengkapi mesin 150 cc 3V Vespa S Jok custom dilapis dua jenis kulit berwarna cokelat Handgrip cokelat ini buatan produsen sepatu Vans Buritan terlihat beda berkat stoplamp SIP plus tambahan rak custom Pelek depan dan belakang diberi tambahan turbofan, keren banget!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia