Otomotif

RIDING POSITION & HANDLING

-

Salah satu hal yang juga menarik dari 450MT adalah ukurannya yang sangat pas buat postur Asia pada umumnya. Dimensinya enggak begitu jauh berbeda dibanding motor dual-sport

250 cc, masih tergolong ramping.

Bahkan tinggi joknya juga sangat bersahabat, standarnya 820 mm dari tanah, malah bisa diseting jadi hanya 800 mm dengan memindahka­n posisi baut dudukannya. Nah untuk postur bule, ada opsional jok yang tingginya 850 atau 870 mm.

Dengan tinggi jok 820 mm dan dimensi yang tergolong ramping,

OTOMOTIF yang berpostur 173 cm 65 kg ketika kedua kaki turun masih bisa menapak dengan sempurna. Oiya kulit joknya tentu kesat khas besutan off-road, busanya cukup empuk dan lumayan tebal.

Ketika berkendara, posisi duduk di 450MT tentunya khas motor buat

off-road. Jok terasa rendah karena setangnya tinggi dan lebar, saat diraih terasa jauh, tentunya biar bisa mengontrol roda depan secara maksimal saat di lintasan yang tak rata.

Kemudian posisi pijakan kaki tentunya sedikit lebih maju dibanding jok. Kaki jadi cukup rileks selama berkendara dan ketika berdiri kedua kaki bisa menjepit tangki secara maksimal. Hanya saja, kendalanya tentu ketika kaki turun maka pijakan akan mudah mengenai area tulang kering.

Bagaimana bandlingny­a? Dengan bobot kering 175 kg, untuk sebuah motor 450 cc 2 silinder tentunya masih tergolong ringan. Sangat terasa mudah diarahkan dan dikoreksi. Hanya saja karakter sasis trelis chrome

molybdenum steel yang diandalkan ternyata terasa sangat kaku.

Kemudian setingan suspensi depan untuk sebuah besutan off-road juga masih terlalu keras, entah sudah diutakatik setelannya atau memang bawaan pabrik. Yang pasti kalau untuk main off-road, tampaknya perlu diseting ulang. Kalau suspensi belakang empuknya sudah terasa pas.

Khas besutan untuk adventure

off-road, 450MT punya ground clearance yang tinggi, mencapai 220 mm, sehingga aman ketika dipakai untuk menerjang jalan yang tak rata. Jika pun tersangkut, area bawah mesin tetap aman karena ada pelindungn­ya.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia