Otomotif

REUNI YAMAHA & PRAMAC RACING

-

Kdikabarka­n akan berpisah dengan Ducati usai ada beberapa klausul yang tidak dipenuhi.

Padahal Pramac Racing sudah menjadi tim satelit Ducati sejak tahun 2004 dan menyuplai sosok-sosok pembalap besar bagi Ducati. Seperti Andrea Iannone, Danilo Petrucci, Jack Miller, bahkan Francesco Bagnaia.

Lin Jarvis, Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing, mengatakan, target terakhirny­a sebelum pensiun di akhir musim ini adalah mendapatka­n tim satelit untuk Yamaha. Jika Ducati kehilangan satu tim satelit, kedua motor tersebut jadi bisa digunakan oleh Gresini dan VR46. ontrak Pramac Racing dengan Ducati akan berakhir musim ini. Belum lama ini, tim satelit tersebut dikabarkan mulai bernegosia­si dengan Yamaha untuk menjadi tim satelit, lantaran Pramac adalah juara dunia tim Motogp 2023.

Yamaha mulai balapan di Motogp tanpa tim satelit sejak musim lalu hingga musim ini. Pabrikan asal Jepang tersebut kesulitan mencari tim satelit karena motor yang kurang kompetitif.

Pabrikan berlogo Garpu Tala itu dikabarkan mulai intensif melakukan negosiasi dengan Pramac Racing. Pasalnya, tim satelit tersebut juga Namun, sedikit merugi, karena Pramac saat ini berada di puncak klasemen sementara. Sedangkan, jika Pramac Racing beralih ke Yamaha, kedua pembalapny­a juga akan kesulitan karena motornya yang kurang kompetitif.

Hanya saja saat ini Yamaha saat ini sudah melakukan perombakan di internal dan menyiapkan anggaran yang besar untuk bisa kembali ke barisan depan. “Karena memang ada perubahan besar yang akan dihendaki Yamaha saat ini,” kata Lin Jarvis.

Memang belum terpublika­si, tetapi kabarnya Yamaha sudah melakukan riset untuk mesin V4 Yamaha YZR-M1. Juga dengan power yang lebih besar, sehingga membuat Pramac Racing tertarik untuk melakukan pertimbang­an.

Lantaran tim pimpinan Paolo Campinoti itu juga menjadi incaran bagi KTM dan Aprilia untuk menjadi tim satelit. Meskipun dengan Yamaha, Pramac Racing punya sejarah panjang kala masih bernama Pramac

 ?? ?? D’antin Yamaha sampai tahun 2003 dengan Shinya Nakano sebagai pembalapny­a. • DAB
D’antin Yamaha sampai tahun 2003 dengan Shinya Nakano sebagai pembalapny­a. • DAB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia