Bakso Beranak

HINGGA BERKUAH AIR KELAPA

Saji - - Insipirasi -

SAJIAN BAKSO DALAM MANGKUK BAKSO

Bakso Mangkok Joss koMpleks Mutiara gading tiMur Jl. Mustika Jaya Blok g no. 21, Bekasi tiMur telp 0858 8552 1555

Jika ada bakso yang bisa dimakan bersama mangkuknya, maka di kedai Bakso rusuk Joss di kawasan Bekasilah tempatnya. Bakso kreasi isa Juarsa ini lahir dari ketidaksen­gajaan saat ingin mengembang­kan kedai bakso miliknya yang sudah berjalan 2 tahun. “awalnya saya ingin bikin bakso beranak yang sedang populer. tapi belum paham cara membuatnya. Jadi, saya bikin bakso besar lalu dikeruk isinya. Hasilnya, malah seperti mangkuk dari bakso,” kisahnya.

dari situlah isa justru menemukan ide menjual bakso yang disajikan di dalam mangkuk yang juga terbuat dari bakso. Hasilnya, penjualan baksonya melesat. Jika sebelumnya ia membutuhka­n 20 kg daging, kini dalam satu hari isa membutuhka­n daging nyaris 2 kuintal.

seporsi bakso mangkuk berisi mi, bihun, 3 buah bakso sapi ukuran sedang, dan sepotong tahu, lengkap dengan kuah panas. Bakso mangkuk disajikan di atas mangkuk keramik dan dibanderol rp 30 ribu per porsi.

saking larisnya, pembeli harus antre saat memesan dan membayar. pembeli akan dipanggil jika pesanan sudah siap disajikan. selain bakso mangkuk yang mulai dijualnya sejak 3 bulan lalu, di kedai ini juga tersedia bakso beranak, bakso jumbo mekar, dan bakso iga. kedai yang buka mulai pukul 11.00 ini biasanya sudah tutup pada pukul 14.00 WiB.

WAH, ADA BAKSO DI DALAM BAKSO

Bakso Beranak Mang Jeje Jl. Raya Sirkuit Sentul No. 78 (samping Gerbang Permata Sentul), Bogor Telp: 0812 1333 0833 kreasi bakso beranak tampaknya kian

banyak tersebar di sejumlah kota di indonesia. konon, kedai bakso di kawasan sentul inilah yang pertama kali mempopuler­kannya. Bakso beranak menyajikan sebuah bakso berdiamete­r 20 cm, yang ketika dibelah di dalamnya berisi 20 butir bakso kecil, telur puyuh rebus, irisan tahu, hingga tetelan daging.

“Bakso beranak merupakan kreasi baru agar pelanggan bakso saya tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja,” jelas Jeje, sang pemilik bakso.

Bakso beranak sungguh menggiurka­n. ketika diiris, bakso dan isi lainnya tampak berhambura­n keluar. sambal, kecap, dan cuka menjadi kondimen sajian berkuah yang dibanderol rp 30 ribu per porsi ini.

Bakso beranak yang dijual Jeje sejak 6 bulan lalu ini mampu menarik banyak perhatian, sehingga warungnya semakin ramai. dalam sehari, rata-rata Jeje bisa menjual hingga 100 porsi. di akhir pekan, jumlah bakso beranak yang dijualnya bisa meningkat 2 kali lipatnya.

Jeje menjual bakso di kedainya pukul 10.00-20.00 WiB setiap hari. selain menjual bakso siap santap, Jeje juga menjual bakso dalam kemasan yang bisa dimasak sendiri di rumah oleh pembeli.

BAKSO HITAM BERFUNGSI DETOKS

Mie sop CoCo Jl. oreon no 56, Medan (10.00-18.00 WiB) Jl. kaliMantan no. 21a, Medan (09.00-18.00 WiB) telp: 0851 0059 5546

pernah melihat bakso berwarna hitam? nah, kedai bakso Mie sop Coco di Medan menyediaka­n bakso unik berwarna hitam pekat bak arang. kendati berwarna hitam, bakso ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, lo. yakni berfungsi untuk detoksifik­asi.

sang pemilik kedai, olivia (32), mengklaim bakso hitam adalah bakso yang sehat karena bisa membantu membersihk­an toksin atau racun di dalam tubuh. salah satu bahan pokoknya arang bambu dari Jepang (charcoal), yang dipercaya bermanfaat melancarka­n pencernaan.

Bahan lain yang digunakan untuk membuat adonan baksonya adalah tepung dan daging ayam. “karena termasuk bakso sehat, tak ada tambahan boraks, zat pengawet, bahkan tanpa penyedap rasa,” ungkap olivia.

kendati tak menggunaka­n boraks, bakso hitam buatan olivia memiliki kekenyalan yang khas dan bertekstur lembut, dengan rasa yang gurih. tekstur kenyalnya, kata olivia, didapat dari komposisi tepung yang pas. ”untuk membuat bakso lembut seperti ini, saya harus mempelajar­i cara pembuatann­ya hingga 3 bulan,” jelasnya lagi.

olivia sengaja membuat bakso sehat lantaran ia dan keluargany­a penggemar berat bakso, sehingga ingin menyantap bakso yang aman tapi enak. ada dua jenis bakso hitam di dalam Mie sop Coco, yakni isi keju dan cabai. saat bakso digigit, isinya akan terlihat. untuk bakso isi cabai, cita rasa gurih baksonya berpadu lezat dengan rasa pedas yang pas. Begitu pula dengan yang isi keju yang lumer saat digigit.

seporsi bakso hitam isi keju berisi 6 buah bakso, dibanderol rp 20 ribu. Bakso hitam isi cabai harganya rp18 ribu.

BAKSO IKAN BERKUAH AIR KELAPA

Warung BerkaH Bakso ikan degan Buka: senin – saBtu, pukul 11.00-19.00 WiB Jl. sugeng Jeroni no 62, patangpulu­Han, WiroBraJan, yogyakarta, diy telp: 0857437117­71 / 0811269385

empat sekawan adriana Wiwiek (56), okti Wardani (56), esti ong (56) dan didik sudarsono (56), sejak desember 2016 lalu membuka warung bakso ikan degan di yogyakarta. kata Wiwiek, proses menemukan formula resep kuah yang pas untuk bakso degan tak mudah. Mereka harus menguji coba resep selama 9 bulan hingga ditemukan rasa bakso dan kuah yang cocok untuk dijual.

Mereka menggunaka­n bakso dari ikan kakap agar rasanya pas dengan kuah ikan yang dicampur air kelapa muda. “penggunaan bakso ikan bikin cita rasanya lebih ringan,” kata Wiwiek.

paduan air kelapa dengan kaldu ikan mencuatkan cita rasa unik tersendiri. rasa manis dari air kelapa dan gurihnya kaldu ikan, sangat pas berpadu dengan gurihnya bakso ikan kakap. agar cita rasanya makin lengkap, buah kelapa mudanya diserut melengkapi mi kuning.

Menurut Wiwiek, pembuatan bakso degan tergolong rumit karena sifat kelapa yang sensitif. “kuahnya tak bisa dibuat langsung banyak. sekali bikin kuah, hanya menggunaka­n 8 kelapa muda pilihan,” jelasnya. Jika kelapa terlalu lama dibuka atau sering dipanaskan, rasa air kelapanya bisa berubah dan akan memengaruh­i cita rasa sajian. “air kelapanya harus segar,” imbuhnya.

kendati hanya menyediaka­n satu menu saja, Wiwiek menyajikan­nya dalam dua cara. Bakso degan disajikan di dalam buah kelapa muda utuh, dibanderol rp 18 ribu. Bakso degan porsi lebih kecil, disajikan dalam batok kelapa, dibanderol rp 13 ribu. dalam sehari, Wiwiek mampu menjual lebih dari 100 porsi bakso degan. “yang jadi favorit, bakso degan dalam buah kelapa muda utuh,” pungkasnya.

TEKS & FOTO INTAN YS/MIFTAKH | VISUAL KHARISMA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.