Si Roti Kepang daRi SwiSS Zopf

Saji - - Ulas Tuntas -

Zopf merupakan jenis roti tradisiona­l Swiss yang sangat populer di kalangan masyarakat­nya. Dalam bahasa lokal, zopf memiliki arti “kepang”. Tak heran, sebab adonannya dibentuk seperti anyaman atau kepangan, sehingga lebih mudah dikenali. Permukaan rotinya berwarna keemasan, sangat mirip dengan roti khas kaum Yahudi di masa lalu yang disebut challah.

Konon, roti ini dibuat berdasarka­n kisah di Swiss, yang pada zaman Perang Dunia para perempuan di negara ini banyak ditinggal mati suaminya. Sebagai bentuk rasa duka, para janda ini memotong rambut panjang mereka yang kerap dikepang. Potongan kepangan rambut mereka lalu dikuburkan bersama jasad suami tercinta.

Dari kisah pilu inilah para janda ini terinspira­si membuat makanan utama roti, dengan adonan yang dianyam atau dikepang, layaknya potongan rambut mereka. Roti ini juga dibuat sekaligus untuk mengingat mendiang suami mereka.

Adonan zopf tak ubahnya adonan roti pada umumnya, yakni tepung terigu, susu, telur, margarin, dan ragi. Adonan lalu dianyam/dikepang menjadi jalinan dan diolesi kuning telur sebelum dipanggang. Rasanya tak terlalu manis. Secara tradisi, zopf biasa disantap pada hari Minggu pagi.

Ingin mencicipi roti khas negara Swiss yang unik bernama zopf? Unik karena bentuknya rotinya yang dikepang. Yuk, segera coba di rumah. Roti kepang ala Swiss ini pas disajikan sebagai menu sarapan atau pun bekal. Tak sulit, kok, meniru resepnya. Bahkan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.