Tentang

Mentimun ternyata memiliki banyak jenis, kendati sekilas terlihat hampir mirip satu sama lain. Mentimun paling sering digunakan sebagai lalapan mentah, bahan acar, atau campuran salad. Rasanya yang segar dan netral juga sering dimanfaatk­an sebagai bahan m

Saji - - Sapa - TEKS: RIYO | TATA SAJI: VIYOSHI | FOTO: BAYU, JERRY | VISUAL: BELLA F.

Mentimun Lokal

Mentimun jenis ini paling mudah ditemukan di pasaran. Ukurannya cukup panjang dan besar, dengan warna kulit putih dengan ujung kehijauan. Mentimun jenis ini memiliki biji yang besar-besar sehingga sering dimanfaatk­an untuk bahan masakan.

Mentimun Lalap

Ukurannya lebih kecil dibandingk­an mentimun lokal. Dengan jumlah biji yang tak terlalu banyak, membuat mentimun jenis ini sering dikonsumsi sebagai lalapan atau bahan salad. Warnanya lebih hijau dengan guratangur­atan putih pada permukaan kulitnya.

Mentimun Jepang/Kyuri

Mentimun jepang merupakan jenis mentimun yang memiliki ciri khas pada kulitnya yang berwarna hijau pekat, sehingga mudah dikenali. Mentimun jepang sering

Acar Mentimun

Mentimun dapat diawetkan dalam bentuk acar. Acar mentimun atau biasa disebut gerkin ini pada umumnya menggunaka­n jenis mentimun mini yang difermenta­si di dalam cairan cuka. Rasanya asam segar dengan tekstur yang renyah. Acar mentimun yang diiris biasa digunakan sebagai pelengkap isi burger atau sandwich. digunakan untuk bahan salad atau garnish/ hiasan pada makanan. Bedanya dengan mentimun lokal, terletak pada ukurannya yang panjang dengan biji yang kecil.

Mentimun Suri

Mentimun suri termasuk ke dalam jenis mentimun, yang memiliki permukaan kulit halus. Ukurannya tergolong besar dan biasa dimanfaatk­an sebagai bahan untuk membuat minuman. Mentimun suri memiliki beberapa jenis, yang dibedakan dari warna kulitnya.

Mentimun Mini

Dari namanya saja sudah pasti terkait dengan ukurannya yang kecil. Mentimun mini adalah mentimun yang dipanen pada saat ukurannya masih kecil. Sering dijadikan sebagai lalapan atau dibuat acar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.