BERBAGI KEBAIKAN LEWAT RESEP KEPADA FOLLOWERS

Saji - - Liputan Khusus - @tintinrayner [email protected]

Menjadi penulis buku adalah impian Tintin Rayner sejak kecil. Dan siapa sangka, kini mimpi terpendam seorang food blogger ini telah menjadi kenyataan. Buku yang dibuatnya merupakan kumpulan resepnya sendiri yang telah dipraktikkannya selama 3,5 tahun dan diberi judul “Simple & Moist Cake”.

Menariknya, buku resep aneka kue ini selalu berada di deretan rak buku best seller di toko buku. Bagaimana tidak, jumlah penjualan buku karya Tintin ini telah terjual lebih dari 24 ribu eksemplar dalam waktu kurang dari setahun. Bahkan buku resepnya itu sudah dicetak ulang sebanyak 10 kali. Wow!

Penjualan buku milik wanita berusia 34 tahun ini pun ternyata tak terbatas di Indonesia saja. Bahkan sudah melanglang buana hingga ke beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

“Banyak juga yang menitip ke kerabat para followers untuk dibawakan sampai ke Amerika dan Eropa,” kata Tintin senang. Di dalam buku resep ibu 3 anak ini terdapat lebih dari 50 resep. Dari resep puding, roti, hingga aneka jenis cake bertekstur lembut. Ketiga jenis hidangan tadi dipilihnya karena terbilang lebih banyak tantangannya di dalam proses pengolahannya.

“Terutama saat membuat produk pastry dan bakery. Kalau salah satu step saja, sudah pasti gagal. Jadi saya harus betulbetul cermat dan penuh perasaan saat membuatnya,” ujar Tintin. Kendati demikian, lanjutnya, resep yang ditampilkan di dalam buku resep ini, haruslah mudah dan menggunakan bahan-bahan yang ekonomis.

Alasannya, agar lebih mudah ditiru para pembacanya yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga. Demi memudahkan dan pembaca lebih nyaman mengikuti buku resepnya, Tintin ikut menata cara penyajian makanannya dalam penyususnan bukunya. Setiap 1 resep dilengkapi satu foto dalam 2 halaman tersambung. Selain resep dan foto, dilengkapi pula tips dan step by step pembuatannya.

Buku setebal 190 halaman ini dipasarkan seharga Rp 145 ribu untuk wilayah Pulau Jawa dan Rp 175 ribu untuk wilayah luar Jawa.

Diakui Tintin, tawaran untuk membuat buku tak datang begitu saja. Penawaran dari pihak penerbit baru menghampiri ketika dirinya mulai aktif berbagi resep di dunia maya selama 2,5 tahun. Bak gayung bersambut, tawaran membuat buku di awal tahun 2017 lalu itu pun lantas diterimanya. Tintin merasa beruntung, tak ada kesulitan berarti selama proses penyusunan buku resepnya itu.

Hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja, proyek pembuatan buku resepnya bisa dirampungkan. “Soalnya, 80 persen resep yang masuk ke dalam buku sudah pernah ditampilkan di akun Instagram saya,” terang wanita yang pernah mengisi rubrik resep di koran lokal kota Semarang, bernama Merapi.

Kendati begitu, Tintin mengaku sempat terhambat perbedaan pendapat dengan pihak penerbit terkait pemilihan sampul bukunya. Baik soal warna, font penulisan, hingga tampilan fotonya. Pihak penerbit, kata Tinyin, “Suka tampilan yang agak gelap, dengan satu foto, dan font minimalis. Tapi saya lebih suka yang colorful, foto dikolase, dan font tulisan feminim.”

Mau tak mau Tintin harus meyakinkan pihak penerbit bahwa bukunya haruslah mencerminkan karakter yang sesuai dengan keinginannya. “Akhirnya mereka bisa menerima pendapat saya,” papar wanita yang berdomisili di Semarang, Jawa Tengah ini.

Pasca penjualan buku resepnya yang best seller, kini Tintin banyak mendapat permintaan untuk menggelar meet and greet bersama pembaca buku ressepnya itu. “Acara meet and greet-nya tidak hanya di Semarang saja, tapi juga di beberapa kota lain. Seperti Tangerang, Bandung, Jakarta, dan Surabaya,” katanya.

Baginya, kegiatan ini menjadi momen yang amat berharga. Terlebih, ia bisa bertemu langsung dengan pembaca yang bercerita tentang kesuksesan membuat kue dari resep ala Tintin. “Ada yang sharing, dia sudah bisa menjual donat sampai 600 buah, bahkan punya toko roti sendiri. Saya jadi merasa bermanfaat karena bisa berbagi kebaikan dengan orang lain lewat buku resep,” pungkasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.