Serba-Serbi Keju

Saji - - Tentang - TEKS: FRISTIAN | FOTO: AGUSTUA, ISTIMEWA | VISUAL: BELLA F.

Ada begitu banyak jenis keju yang ada di dunia ini. Namun bisa jadi Sajiers belum menggunakan semua jenisnya. Biarpun belum pernah merasakan atau menggunakannya sebagai bahan utama masakan dan kue yang kerap Sajiers buat di rumah, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh tentang ragam keju. Yuk, kita simak satu per satu penjelasannya! ragam keju

KEJU CHEDDAR

Keju padat berwarna putih susu ini memiliki rasa asin dengan aroma susu yang kuat. Keju cheddar biasa dijadikan toping cake, roti, atau aneka kue. Keju jenis ini tak mudah mencair. Sebaiknya, keju cheddar tidak disimpan terlalu lama karena mudah berjamur. Menyimpan keju cheddar disarankan di suhu sejuk dan tertutup rapat. Jika tidak, warna keju akan berubah kecokelatan dan mengeras.

CREAM CHEESE

Keju berbentuk krim ini biasa digunakan untuk membuat cheese cake. Cream cheese berwarna putih pucat dengan aroma asam yang cukup kuat. Keju ini biasanya dipadatkan dahulu sebelum dijual dalam kemasan. Sebelum digunakan, cream cheese harus dikocok hingga lembut. Cream cheese sebaiknya segera digunakan agar tidak rusak.

SMOKED CHEESE

Keju asap atau smoked cheese merupakan keju yang proses akhirnya diasapi. Keju ini memiliki warna kulit kecoklatan akibat proses pengasapan. Aroma asap pada keju membuat cita rasanya bertambah kaya. Selain berbentuk utuh, keju ini juga dijual dalam bentuk slice.

MOZZARELLA

Keju mozzarella semula bertekstur kenyal seperti karet. Jika dipanaskan, akan mudah meleleh dan membentuk serat elastis layaknya permen karet. Keju jenis ini memiliki rasa sedikit asin dan mengandung cukup banyak minyak bila dipanaskan. Kini, keju mozzarella banyak dijual dengan warna-warni menarik. Mozarella biasa digunakan sebagai toping pizza atau isi roti bakar. Hidangan dengan mozzarella akan disajikan hangat agar tekstur keju masih terlihat berserat saat akan disantap.

PARMESAN

Berbeda dengan keju jenis lain yang mudah meleleh saat dipanaskan, keju parmesan justru akan semakin mengeras saat dipanaskan. Keju parmesan merupakan bentuk serbuk dari keju jenis padat (hard cheese).

MASCARPONE

Termasuk jenis keju krim segar yang terbuat dari susu sapi. Warnanya ada yang berwarna putih atau sedikit kekuningan dengan tekstur lembut. Keju mascarpone biasa digunakan pada berbagai hidangan khas Eropa, seperti tiramishu.

KEJU EDAM

Keju yang berasal dari kota Edam, Belanda ini memiliki kandungan sedikit lemak sehingga tak berbau layaknya keju lainnya. Keju ini berbentuk bulat dengan warna kecokelatan dan dibungkus malam berwarna merah terang. Teksturnya tak selembut keju jenis lainnya. Namun kini keju edam dapat dijumpai di dalam kemasan kotak dengan tekstur lebih lembut karena penambahan lemak di dalamnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.