KONSISTEN HINDARI DAGING MERAH & GULA BERLEBIH

Saji - - Artikel Selebriti -

Di tengah kesibukannya sebagai penyanyi sekaligus desainer pakaian muslimah, Delia Septianti, tak pernah lupa untuk selalu menjaga gaya hidup sehat yang dijalaninya selama ini. Tak hanya menjaga pola makan sehari-hari saja, mantan vokalis grup band beraliran jazz Ecoutez ini juga tak pernah absen berolahraga di sela jadwal padatnya. Yuk, simak kisah Delia dalam menjalani gaya hidup sehatnya yang sesuai dengan kampanye SAJI, #SahabatBuah #SahabatSayur.

Bagi penyanyi dan desainer busana muslim Delia Septianti, menjalani gaya hidup sehat tak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan tekad dan sikap dispilin yang kuat untuk benar-benar bisa menjalaninnya.

“Memulai gaya hidup sehat ternyata susah, terutama buat saya. Apalagi saya sejak dulu enggak suka makan sayursayuran. Jadi bisa dibilang, baru sekarang inilah saya benar-benar mengonsumsi sayursayuran,” ungkapnya seraya melanjutkan, “Soalnya, sekarang saya sudah semakin mengerti bahwa sehat itu mahal. Jadi saya usahakan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.”

Oleh karena itu, mantan presenter teve program Kuis Moto GP ini berusaha menghindari berbagai jenis makanan yang menurutnya kurang sehat bagi tubuhnya. “Sekarang saya sudah berhenti makan daging merah. Bukan untuk diet, tetapi demi lebih menjaga kesehatan tubuh saja,” ujarnya.

Selain menghentikan konsumsi daging merah, Delia juga memutuskan tidak mengonsumsi ayam broiler, mi instan, dan fast food. Kendati demikian, Delia mengaku, ada saatnya ia cheating dan tetap mengonsumsi makanan-makanan tadi, seperti ketika ia sedang berpergian ke luar negeri atau jalan-jalan.

“Kalau sedang jalan-jalan, saya pikir enggak masalah cheating dengan sesekali mengonsumsi makanan favorit tadi, Tapi memang tetap harus dibatasi porsi konsumsinya. Nah, sepulang ke Jakarta, baru, deh, saya tebus dosanya dengan kembali rutin makan sehat dan olahraga,” katanya sambil tertawa.

Delia mengaku, ia termasuk orang yang tak bisa lepas dari makan nasi sebagai pangan utama. Namun demi menjaga berat badan dan kesehatan, jalan tengahnya ia memutuskan mengurangi konsumsi gula karena nasi yang ia konsumsi sudah banyak mengandung glukoasa.

“Saya enggak bisa lepas nasi, makanya saya sudah tidak pernah minum teh manis lagi dan saya ganti dengan teh tawar,” ujar perempuan yang kini berhijab, kelahiran 1 September 1985 ini lagi. Dan untuk semakin menyempurnakan gaya hidup sehatnya, Delia pun kerap mengolah menu makanannya sendiri.

Salah satu menu andalannya adalah makanan yang diolah dengan cara direbus atau ditim, seperi ikan steam dan aneka salad untuk dikonsumsi pada saat sarapan. “Pilihan buahnya juga hanya yang saya suka saja, seperti apel, jeruk, pir, dan semangka,” imbuh Delia yang juga secara disiplin menguragi segala jenis gorengan.

TIDUR CUKUP & SEMPATKAN OLAHRAGA

Kendati memiliki jadwal kegiatan seharihari yang cukup padat, mantan penyanyi cilik yang tergabung ke dalam grup Trio Laris ini, mengaku selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Jika tak sempat olahraga untuk waktu yang cukup lama, Delia akan menggantinya dengan berjalan kaki setiap pagi.

“Terkadang, kalau memang enggak sempat banget olahraga, saya usahakan jalan kaki di sekitar rumah, mulai jam 07.00 sampai 08.00 pagi,” ujarnya sambil berkata, “Sinar matahari di pagi hari, kan, sangat bagus untuk kesehatan tubuh, asalkan di bawah jam 09.00 karena semakin siang, sinarnya sudah enggak bagus lagi.”

Olahraga yang paling disukai Delia adalah yoga dan pillates. Menurutnya, ke dua jenis olaharaga ini bisa membantunya melemaskan otot-otot badannya yang kaku setelah sibuk beraktivitas. “Saya juga suka sekali pilates karena bisa melemaskan otototot, apalagi setelah banyak beraktivitas,” kata perempuan berusia 33 tahun ini.

Yang juga penting diperhatikan, kata Delia, adalah pola tidurnya. Delia mengatakan, pola tidur sangat memengaruhi kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, ia selalu menerapkan pola tidur 7-8 jam dalam sehari. “Kalau terpaksa ada jadwal penerbangan di pagi hari, ya, saya usahakan jam tidurnya dimajukan lebih awal, sehingga tidak kurang tidur,” lanjut penyanyi berbintang Virgo ini lagi.

Oh ya, satu lagi tips sehat dari Delia, bagi Sajires yang ingin mulai menjalani hidup sehat adalah minum air putih yang cukup, untuk menggantikan cairan yang telah dikeluarkan oleh tubuh selama beraktivitas, seperti melalui keringat. “Untungnya, saya suka sekali minum. Setiap hari saya selalu membawa bekal 2 botol besar yang selalu saya habiskan,” tutupnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.