ragam Pisang

Saji - - Tentang -

PISANG TANDUK

Pisang berbentuk menyerupai tanduk panjang ini memiliki warna kulit kuning setelah matang. Selain bisa digoreng, pisang ini juga biasanya digunakan untuk bahan utama kolak. Pisang tanduk memiliki tekstur padat dan agak keras. Pisang tanduk sebaiknya dikonsumsi ketika warna kulitnya sudah kecokelatan, yang menandakan daging buahnya sudah matang sempurna dan tak terlalu keras.

PISANG KEPOK

Pisang yang sering digunakan untuk pisang goreng ini mudah sekali dikenali cirinya. Kulitnya memiliki siku-siku di beberapa sisinya. Daging buah pisang kepok bertekstur padat namun ringan seperti gabus. Pisang jenis ini tak mudah hancur ketika dibelah maupun setelah matang. Seratnya cukup terlihat dan mudah dibersihkan.

PISANG RAJA

Rajanya pisang ini memang dikenal sebagai pisang yang paling manis dan enak. Pisang raja memiliki aroma yang harum. Pisang raja memiliki kulit tipis dengan serat-serat halus yang menempel pada daging buahnya. Semakin matang pisang raja, semakin manis rasanya. Tekstur daging buahnya lembut dan kaya rasa. Pisang raja sangat cocok diolah untuk berbagai jenis minuman dan kue. Pisang raja juga kerap dijadikan bahan utama kue tradisional.

PISANG AMBON

Pisang ambon memiliki kulit berwarna kuning kehijauan. Pisang jenis ini akan mencapai titik matang ketika kulitnya sudah berwarna kuning merata. Baik dikonsumsi ketika kulitnya sudah berwarna kuning dengan bintik-bintik cokelat. Namun jika terlalu matang, kulitnya akan berwarna kecoklatan dan mudah lembek. Sebaiknya pisang ambon tidak diolah dengan cara digoreng karena teksturnya akan menyerap banyak minyak dan mudah lembek ketika dipanaskan.

PISANG ULI

Bentuknya menyerupai pisang ambon, namun dengan ukuran lebih pendek. Memiliki rasa lebih manis dengan tekstur daging buah padat. Secara umum, pisang uli dapat dikenali dari bentuknya yang agak bulat memanjang. Tekstur daging buahnya lebih renyah dibandingkan pisang raja, sehingga kerap digunakan sebagai pengganti pisang raja karena rasanya hampir sama dan harganya relatif terjangkau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.