BINCANG-BINCANG SERU BERSAMA 2 SELEBGRAM SUPER POPULER

Saji - - Varia Kuliner - TEKS ANIZA P. & INTAN YS. I FOTO Y. BAYU I VISUAL BENYAMIN W.

Pada 20 Desember 2018 lalu saudara kandung Tabloid SAJI, yakni Majalah SEDAP, telah menginjak usia 19 tahun. Untuk memeriahka­n acara HUT SEDAP, pada Sabtu (15/12) 2018 lalu diselengga­rakan acara bincang-bincang “Trik Laris Manis Berjualan Makanan di Media Sosial Ala Selebgram” bersama 2 selebgram super populer yang memiliki banyak followers di media sosial, yakni Chef Thomas Law dan Tintin Rayner, penulis buku Simple & Moist Cake asal Semarang. Ratusan peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Yuk, simak keseruan acaranya!

Menandai usianya yang sudah menginjak angka 19 tahun, kakak kandung Tabloid SAJI, Majalah SEDAP, menyelengg­arakan acara baking demo dan talk show bersama Thomas Law dan Tintin Rayner di Ballroom Gedung KOMPAS Gramedia, Jl. Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (15/12) 2018. Beberapa saat sebelum acara dimulai, terlihat antrean cukup panjang para peserta dari berbagai daerah yang tak sabar untuk bertemu langsung dengan 2 selebgram populer yang memiliki ribuan followers di media sosial.

Tak kurang dari 150 orang peserta menghadiri acara ini. Mereka berasal dari Jabodetabe­k, bahkan ada pula yang datang dari Yogyakarta dan Lampung, untuk bisa bertemu dengan idola mereka di media sosial, yakni Chef Thomas Law, pemilik Law’s Kitchen dan food blogger serta penulis buku resep, Tintin Rayner.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dipandu oleh MC Robby, yang membawakan acara dengan jenaka dan menyenangk­an, sehingga suasana terasa lebih hidup dan hangat. Setelah acara dibuka oleh Pemimpin Redaksi Tabloid SAJI dan Majalah SEDAP, Intan Y. Septiani, acara berlanjut dengan baking demo oleh Chef Thomas yang pagi itu membawakan 2 resep andalannya, yakni Chewy Fudgy Brownie dan Marmer Cake.

Menurut Thomas, 2 resep cake ini sedang hits di kalangan para pencinta kue. “Pertimbang­an lainnya kenapa saya memilih 2 resep ini, selain sedang hits di media sosial, juga sangat mudah dibuat di rumah,” katanya.

Untuk memudahkan para peserta mengikuti tahap demi tahap resepnya, Thomas tak lupa membagikan kedua resepnya kepada seluruh peserta. Sehingga sepulang dari acara, seluruh peserta bisa langsung membuat kedua resep cake ala Thomas di rumah.

Menurut Thomas, acara baking demo seperti ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi para peserta. “Hal yang saya sukai dari acara baking demo seperti ini adalah adanya interaksi langsung dengan para peserta. Jadi saya bisa menjawab beragam pertanyaan yang dilontarka­n secara langsung,” ungkap chef yang menamatkan studi di bidang akuntasi.

Sambil menunggu dua cake buatan Thomas

dipanggang di dalam oven, Robby mengajak Thomas untuk berbincang-bincang santai seputar tips membuat aneka cake, sekaligus berbagi mengenai acara mengoptima­lkan akun media sosial, terutama Instagram untuk dijadikan etalase toko bagi peserta yang memiliki usaha kuliner.

Selama hampir 1 jam acara bincang-bincang bersama Thomas berlangsun­g hangat dan akrab Para peserta pun sangat antusias dan seolah tak ingin melewatkan kesempatan untuk bertanya mengenai tips dan trik membuat cake dan kue, serta cara menaikkan jumlah followers akun Instagram mereka.

TRIK MENGHASILK­AN FOTO BAGUS

Tintin Rayner kemudian menjadi narasumber acara bincang-bincang selanjutny­a. Dipandu Robby, Tintin juga ikut berbagi pengalaman menariknya selama mengelola akun media sosial pribadinya, yang saat ini sudah memiliki lebih dari 630 ribu followers.

Wanita cantik asal Semarang, Jawa tengah ini pun mengisahka­n, awalnya ia hanya iseng saja mengunggah foto-foto kue yang dibuatnya seharihari. “Sebagai ibu rumah tangga, saya banyak mengisi waktu dengan berkegiata­n di rumah supaya tidak sampai meninggalk­an anak-anak. Biasanya saya mencoba resep-resep baru aneka cake dan kue. Hasilnya, saya posting ke Instagram,” ujar Tintin.

Tanpa ia sadari, dari kegiatanny­a yang semula hanya sekadar untuk mengisi waktu dan saling berbagi tips membuat kue dengan ibu-ibu rumah tangga lainnya, jumlah followersn­ya semakin hari semakin meningkat drastis. Apalagi, Tintin termasuk selebgram yang selalu membalas komentar yang muncul di feed Instagram-nya.

Oleh karena banyak yang bertanya seputar resep-resep kue beserta tips dan trik membuatnya, Tintin pun dipinang perusahaan penerbit untuk menyusun resep-resep plus foto-foto kue yang pernah ia unggah di Instagramn­ya untuk dijadikan buku. Maka, terbitlah buku resep pertamanya yang berjudul Simple & Moist Cake dan hingga saat ini telah dicetak ulang sebanyak 17 kali.

Menurut Tintin, salah satu tips mengelola media sosialnya agar mendapat banyak followers adalah rajin mengunggah konten resep dan foto kue-kuenya. “Saya otodidak saja membuat resep dan foto kue-kuenya. Untuk menghasilk­an foto yang bagus, saya manfaatkan pencahayaa­n dari sinar matahari jam 10.00 pagi hingga 15.00 sore. Hasilnya lebih bagus,” ungkapnya.

Satu lagi rahasia untuk mendapatka­n jumlah followers yang banyak, kata Tintin, “Akun Instagram milik kita jangan dikunci atau di-private agar orang lain bisa langsung melihat apa yang kita bagikan melalui Instagram.”

Pada acara kali ini, peserta tak hanya bisa menyaksika­n baking demo, icip-icip hasilnya, dan mengikuti acara bincang-bincang dan berinterak­si dengan kedua narasumber yang sangat populer di Instagram. Peserta juga bahkan bisa sekaligus membeli buku resep karya Tintin dan ditandanga­ni langsung oleh Tintin.

Menarik sekali, bukan, rangkaian acara perayaan HUT Majalah SEDAP ke-19 ini. Nah, bagi Sajiers yang belum sempat mengikuti acara seperti ini, tunggu informasi acara SEDAP dan SAJI selanjutny­a. Sampai jumpa!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.