Dear Ibu Mety,

Saji - - Peluang Usaha -

Tetap semangat menjaga usaha, ya, Bu. Berbagai usaha kuliner yang saat ini sudah besar, selalu dimulai dari skala kecil, bahkan ada yang dimulai dari rumahan. Namun seiring waktu, usaha­usaha tadi terus berproses makin berkembang dan memiliki ratusan karyawan bahkan banyak cabang di berbagai daerah hingga dunia.

Dengan berkembang dan makin besarnya usaha, tentu akan memberikan perolehan hasil yang besar bagi pemiliknya. Tak hanya keuntungan, wirausaha juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan ini hal yang luar biasa.

Untuk meraih kesuksesan, tentu dibutuhkan berbagai hal pendukung. Salah satunya memiliki jaringan usaha atau networking. Di awal, pemilik usaha belum memiliki jaringan dan masih mencari­cari. Di tahap awal ini, pemilik usaha sebaiknya merancang jaringan usaha yang akan dibangunnya.

Seiring waktu, usaha akan mampu membangun jaringan usaha yang tentu bermanfaat memajukan bisnis. Berikut ini adalah jaringan usaha yang sebaiknya dibangun pengusaha kuliner:

Jaringan Kerja

Pengusaha perlu membangun, merawat, dan memelihara jaringan untuk mengembangkan usaha. Membangun jaringan bisa dilakukan sejak usaha masih berskala kecil, yaitu dengan mencari kenalan dan merawat hubungan dengan pihak­pihak yang dibutuhkan usaha.

Di dalam usaha kuliner, jaringan kerja yang perlu dibangun antara lain jaringan produksi, seperti supplier bahan baku dan peralatan, jaringan pemasaran seperti tenaga penjual, sales, reseller, desainer promosi, dan alat pemasaran. Jaringan lain yang juga perlu dibangun adalah pelanggan, seperti membangun hubungan baik dengan pelanggan agar memiliki pelanggan yang loyal dan sebagainya.

Jaringan Teman

Untuk membangun jaringan yang luas dan kuat, perlu memiliki ruang lingkup pertemanan yang luas. Semakin luas rekan dan teman, akan lebih terbuka peluang untuk merekomendasikan usaha ke pihak yang membutuhkan.

Bagi pengusaha kuliner, akan lebih baik menjalin pertemanan dengan orang­orang/ kelompok yang berhubungan dengan bisnis. Tak hanya itu, menambah pertemanan di luar jaringan kerja juga dianjurkan untuk mengenalkan usaha jadi lebih populer.

Jaringan Kerja Sama

Bisa bekerja sama dengan berbagai kalangan di dalam jaringan usaha akan membuat usaha makin berkembang. Kerja sama yang dilakukan untuk sama­sama memberi keuntungan dengan pihak­pihak lain sehingga akan memberi hasil tambahan di luar hasil usaha sudah berjalan.

Bagi pengusaha kuliner, penting menjalin kerja sama dengan pihak lain yang bisa membuat usaha lebih dikenal, seperti selebgram, komunitas kuliner, dan lainnya. Disarankan juga bekerja sama dengan pihakpihak lain untuk meningkatkan pemasaran seperti market place, reseller on line, dan pihak yang bisa membantu kelancaran operasional usaha lainnya. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.