Martabak Jepang Jony

Termotivas­i ingin menyajikan sajian khas Jepang favorit dengan variasi unik dengan harga terjangkau, pengusaha kuliner asal Yogyakarta, Raditya Bagas, akhirnya menawarkan menu martabak Jepang yang diberi isi dan toping unik dari berbagai snack keripik pop

Saji - - Sapa - TEKS ANIZA P. I FOTO DOK. PRIBADI I VISUAL BENYAMIN W.

Termotivas­i ingin menyajikan sajian khas Jepang favorit dengan variasi unik dengan harga terjangkau, pengusaha kuliner asal Yogyakarta, Raditya Bagas, akhirnya menawarkan menu martabak Jepang yang diberi isi dan toping unik dari berbagai snack keripik populer. Yuk, kita cicipi keunikan rasanya!

Memiliki ketertarik­an pada aneka hidangan Jepang, membuat Raditya Bagas atau akrab disapa Bagas, mendirikan usaha Martabak Jepang Jony. Sekilas martabak ala Jepang kreasi Bagas ini memiliki persamaan dengan jajanan populer Jepang, okonomiyak­i. “Ya, terlihat mirip, tapi martabak Jepang ini memiliki bentuk lebih simpel. Kulitnya dilipat dua lalu diberi beragam toping unik,” paparnya.

Martabak Jepang ala Bagas ini dibuat menggunaka­n bahan telur, tepung, irisan kubis, olahan cumi, bakso ikan, serta potongan gurita. Semua bahan tadi dicampurka­n hingga menjadi adonan lalu digoreng di atas pan. Terlihat mudah, ya? Namun jangan salah, jika teknik membalik adonan dan mengatur panas api kompornya tidak pas, martabak Jepang akan gagal disajikan.

“Sekilas terlihat mudah, tapi ada beberapa teknik yang harus dikuasai. Seperti membalikka­n adonan dan cara mengecilka­n dan membesarka­n apinya. Semuanya harus pas agar menghasilk­an martabak Jepang yang enak,” jelas Bagas sambil mengatakan, bila adonan martabak masih kurang matang lalu dibalik, akan mudah hancur. Sementara jika terlalu matang, rasanya bisa kurang enak.

BERTOPING KERIPIK

Nah, yang juga menarik dari sajian martabak Jepang ala Bagas adalah beragam toping martabakny­a. Di antaranya taburan katsuobush­i, hingga beragam keripik atau snack renyah aneka rasa. Menu Martabak Jepang Doritos, misalnya, disajikan dengan toping snack Doritos rasa bqq, keju, atau jagung bakar.

Ada pula Martabak Jepang Lays yang disajikan dengan toping keripik kentang rasa rumput laut dan

salmon teriyaki Martabak Jepang Spesial diberi toping campuran antara keripik Lays, Doritos, dan irisan smoked beef.

Oh ya, Bagas juga menyediaka­n level pedas untuk martabak Jepangnya. Dari original, pendas manjah, pedas so much, hingga pedas gilaak. Untuk menikmati seporsi Martabak Jepang Jony, Sajiers hanya perlu membayar Rp 14-Rp18 ribuan, dengan tambahan toping seharga Rp 2 ribu-Rp 3 ribu.

Menurut Bagas, selain cita rasa martabakny­a sudah enak, aneka toping snack atau keripik renyahnya menjadikan Martabak Jepang Jony makin digemari. Terbukti hingga saat ini, Bagas telah membuka 8 cabang di Yogyakarta, Bekasi, Tangerang, Surabaya dan Jawa Timur, hingga Balikpapan.

Dari setiap outlet, kata Bagas, rata-rata bisa menjual 50-60an porsi martabak Jepang setiap harinya. “Sebenarnya tiap outlet berbeda jumlah penjualann­ya. Bahkan outlet yang ada di Balikpapan bisa menjual 200-250an porsi per hari,” ujarnya yang ingin membuka cabang baru di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.