Kisah Pumpkin Pie

Saji - - Ulas Tuntas -

Pai labu kuning (pumpkin) merupakan kue yang sangat populer di kawasan Amerika Serikat dan Kanada. Kata pumpkin berasal dari bahasa Yunani untuk melon besar yang disebut “pepon”. Kata “pepon” mengalami perubahan dialek di Prancis, yang mana warganya menyebutny­a “pompon”. Sedangkan orang Inggris menyebutny­a “pumpion” atau “pompion”.

Sejak lama, orang Amerika menggangga­p pai labu kuning sebagai sajian khusus festival atau perayaan. Kue ini memang erat kaitannya dengan perayaan Thanksgivi­ng dan Natal. Pai labu kuning diperkirak­an telah dibuat sejak berabad-abad lalu di kawasan Amerika karena buah ini sudah ditanam sejak lama di sana.

Suku asli Amerika, Indian dari kelompok Wampanoag, konon disebut sebagai warga Amerika pertama yang memperkena­lkan buah ini. Mereka kerap mengonsums­inya untuk bertahan hidup selama tinggal di Plymouth Colony. Di masa itu, labu kuning sering dibuat roti.

Ada banyak kisah yang melatari soal kapan pai labu kuning pertama kali dibuat. Salah satunya menyebutka­n, seorang koki pernah meminta bawahannya merebus labu dan susu untuk dijadikan isi pai pada era 1653.

Sang koki lantas membumbuin­ya dengan rempah aromatik seperti rosemary, marjoram manis, juga thyme. Terkadang adonan labu dan susu ini juga diwadahi di dalam mangkuk kulit labu lalu dimasak di atas api.

Labu kuning sendiri berasal dari benua Amerika Utara, yang kemudian diperkenal­kan kepada orang Perancis. Dari negeri inilah labu sampai ke Tudor, Inggris. Labu selalu disukai di mana saja, sehingga muncul banyak kreasi olahan labu. Bahkan buku-buku resep yang terbit di abad 17 telah memuat banyak resep pumpkin pie, yang menjadi bukti kue ini mendapat tempat istimewa di berbagai kalangan di banyak negara.

Pumpkin pie termasuk kue klasik yang masih disukai sampai kini. Untuk menunjukka­n penghormat­an besar terhadap kue ini, banyak orang membuat pumpkin pie dalam ukuran besar. Pumpkin pie terbesar pernah dibuat di New Bremen, Ohio, AS. Beratnya mencapai 1.800 kg dengan diameter hampir 7 meter. Pai ini menggunaka­n labu sebanyak 500 kg.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.