Serba Serbi Talas

Saji - - Pahami Bahan -

Ada beragam talas yang biasa dikonsumsi, yakni talas ungu dan talas putih. Talas ungu banyak terdapat di Pontianak, sedangkan talas putih mudah ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat. Perbedaan utamanya, talas ungu bentuknya lebih memanjang, sementara talas putih atau populer disebut talas bogor, berbentuk bulat.

Talas ungu kurang mengandung air sehingga mawur teksturnya. Sedangkan talas putih banyak mengandung air sehingga lebih cocok digoreng begitu saja. Agar menghasilk­an santapan yang enak berbahan talas, pilihlah yang segar atau tak ada bagian yang busuk.

Untuk talas pontianak, biasanya dijual dalam keadaan masih terbungkus tanah, maka pilih yang tanahnya belum terlalu kering. Setelah dicuci bersih, kupas talas lalu lumuri garam sambil digosok-gosok di bawah air mengalir atau dicuci di dalam air garam. Talas sebaiknya disimpan di suhu ruang sebelum dibersihka­n.

Talas banyak digunakan sebagai pelengkap atau pendamping kue, bukan sebagai bahan utama, melainkan hanya tambahan saja. Atau bisa dijadikan bahan utama untuk membuat getuk, misalnya. Cara mengolah talas bisa dikukus, digoreng, dipanggang, atau dijadikan filling.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.