Bengkuang

Saji - - Pahami Bahan -

Bengkuang termasuk jenis umbi-umbian yang memiliki bentuk menyerupai gasing. Kulit bengkuang berwarna putih pucat agak kekuningan, dengan serat pada permukaaan­ya yang mudah dapat dikupas dengan cara ditarik. Daging bengkuang berwarna putih bersih dan mengandung banyak air.

Bengkuang mengandung pati dan inulin, yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain banyak digunakan sebagai bahan asinan, rujak, atau es campur, bengkuang juga bisa diolah sebagai bahan masakan, terutama masakan oriental (Chinese food) dan turunannya. Bengkuang biasanya digunakan sebagai bahan isi choi pan, menambah sentuhan rasa manis pada sup, serta menambah tekstur renyah pada isi siomay ataupun pempek.

Memilih bengkuang berkualita­s baik cukup mudah. Pilih bengkuang yang masih segar. Bengkuang yang sudah tua ditandai dengan warna kulit terlalu gelap. Bengkuang yang masih segar memiliki batang panjang dan bisa bertahan lebih lama, dibandingk­an bengkuang tanpa batang di bagian pangkalnya.

Bengkuang yang belum dikupas sebaiknya tidak disimpan di dalam plastik atau lemari es karena permukaan kulitnya akan menjadi basah dan membusuk. Bengkuang segar sebaiknya disimpan saja di suhu ruang dan digantung.

10 buah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.