pilihan Saji

MELEZATKAN BERBAGAI JENIS MASAKAN

Saji - - Sapa -

Selain bumbu dasar seperti garam, gula, dan merica, ada kalanya kita menambahka­n kembali kaldu bubuk ke dalam berbagai jenis masakan yang kita buat. Baik yang berkuah, ditumis, digoreng, bahkan membuat sambal. Dengan menambahka­n bubuk kaldu sebagai penyedap masakan, hasil masakan kita tentu lebih gurih dan sedap rasanya. Apakah Sajiers juga termasuk yang suka menggunaka­nnya? Berikut SAJI rekomendas­ikan beberapa merek yang populer di pasaran.

Ketika mendengar kata penyedap, mungkin yang terlintas dipikiran Sajiers langsung akronim msg. Kendati banyak merek bumbu penyedap atau kaldu bubuk instan yang tidak menyertaka­n bahan msg ke dalamnya, namun memang ada yang menambahka­n komposisi msg ke dalamnya, dengan kategori takaran yang masih dalam batas normal.

Badan kesehatan dunia WHO menetapkan, batas maksimal konsumsi msg adalah 6 gram per hari. Sementara itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), menetapkan batas maksimal mengkonsum­si MSG sebanyak 5 gram per hari.

Di sisi lain, berdasarka­n sejumlah penelitian, msg ternyata memiliki peran baik lo, jika dikonsumsi secara wajar. Selain mampu meningkatk­an selera makan, juga dapat merangsang produksi saliva, sehingga membuat makanan yang kita kunyah menjadi lebih cepat halus. Dengan begitu, makanan jadi lebih mudah dicerna lambung. Manfaat lainnya, meningkatk­an cairan lambung yang membuat pencernaan menjadi lancar.

Untuk mendapatka­n cita rasa gurih pada makanan, Sajiers tentu tak harus selalu menggunaka­n msg. Agar tak dilanda keraguan, bisa menambahka­n gula dan garam ke dalam masakan, atau menambahka­n kaldu buatan sendiri, seperti kaldu ayam, daging, seafood maupun sayuran. Namun jika Sajiers tak ingin repot selama beraktivit­as di dapur, kini sudah banyak tersedia beragam piilihan kaldu instan dalam bentuk bubuk atau blok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.