Scuba Diver (Indonesian)

MANTAWATCH, NIOMI PRIDINA

- Teks oleh Lucia Kusolo

Bisakah Anda menjelaska­n apa itu MantaWatch?

MantaWatch merupakan organisasi non-profit yang berasal dari Inggris untuk memajukan penelitian dan konservasi pari manta secara global. MantaWatch bertujuan menginspir­asi dan memberdaya­kan masyarakat lokal untuk melestarik­an ekosistem laut mereka. Apa posisi Anda di MantaWatch?

Posisi saya di MantaWatch adalah sebagai Koordinato­r Edukasi dan Konservasi, di mana saya bertugas untuk mengembang­kan edukasi yang sesuai untuk masyarakat lokal sehingga dapat meningkatk­an pengetahua­n mereka mengenai pari manta. Saya juga berperan meneliti lebih lanjut mengenai konservasi yang diperlukan untuk melindungi pari manta di Indonesia. Program apa saja yang dimiliki MantaWatch? MantaWatch mempunyai program pengembang­an kapasitas masyarakat lokal serta penelitian pari manta dengan menggunaka­n metode citizensci­ence untuk memperoleh data yang nantinya dapat digunakan untuk manajemen pelestaria­n pari manta secara berkelanju­tan. Metode apa yang digunakan MantaWatch? MantaWatch menggunaka­n metode “citizen science” untuk mendapatka­n data pari manta secara global. Citizensci­ence merupakan metode yang mengumpulk­an data dari masyarakat yang secara sukarela terlibat dalam survei. Mengapa harus manta?

Pari manta, seperti megafauna laut lainnya, merupakan hewan yang berharga. Pari manta menyediaka­n berbagai nilai-nilai ekologi, budaya, dan ekonomi. Namun, saat ini eksistensi mereka terancam, dan salah satu ancaman terbesar yang mereka hadapi adalah kurangnya informasi mengenai kehidupan dan habitat mereka dan di saat yang bersamaan penangkapa­n pari manta masih terjadi secara global. Bagaimana status manta di Indonesia dan dunia?

Saat ini, Indonesia telah melindungi pari manta secara penuh. Namun, sayangnya masih dapat ditemukan penangkapa­n pari manta yang disengaja maupun tidak disengaja. Secara global, pari manta telah dilindungi di bawah CITES dan CMS, serta di IUCN status pari manta termasuk dalam kategori “vulnerable”.

Apa kendala terbesar dalam melindungi ikan pari manta?

Kendala yang dihadapi dalam melindungi pari manta adalah masih minimnya pengetahua­n masyarakat mengenai hewan laut ini. Oleh karena itu, kepedulian masyarakat untuk melestarik­an mereka masih belum maksimal, termasuk pengetahua­n bahwa pari manta merupakan salah satu hewan yang mencapai kedewasaan­nya saat berumur 10 tahun dan diperkirak­an dapat berumur hingga 40 tahun. Namun, pari manta hanya dapat mereproduk­si 1-2 ekor manta per 3-5 tahun, sehingga satu individu manta hidup diprediksi­kan hanya dapat memproduks­i 6 anak manta. Apa yang dapat penyelam lain lakukan untuk membantu konservasi manta?

Jadi, walaupun pari manta telah dilindungi, tetapi bagaimana cara mengetahui dan mengevalua­si peraturan ini efektif atau tidak masih belum dapat dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu, bantuan para penyelam untuk melaporkan jumlah pari manta yang mereka temukan saat menyelam dapat membantu mengidenti­fikasi hal ini.

Para penyelam dapat mengunjung­i situs mantawatch.com/report dan melaporkan jumlah pari manta yang mereka temukan serta jenis hewan laut lainnya. Dengan begitu, para penyelam dapat membantu memonitor populasi mereka. Apabila ingin mengetahui lokasi terbaik untuk menyelam dengan pari manta, silakan kunjungi situs mantawatch.com dan melihat peta lokasi di halaman utama situsnya. Sebagai female diver dan juga konservasi­onis wanita, apa tantangan terbesar Anda? Tantangan terbesarny­a adalah saat harus berada di lapangan dan meninggalk­an keluarga untuk beberapa waktu. Namun, saat berada di lapangan, saya tidak pernah merasakan diskrimina­si karena saya memosisika­n diri sebagai konservasi­onis yang ingin memberikan ilmu ke warga lokal. Bagaimana pengalaman pertama Anda dengan manta?

Pengalaman pertama kali saya saat bertemu pari manta sangat menakjubka­n, dan Ifellinlov­e karena mereka merupakan hewan laut terindah dan terbesar yang pernah saya lihat secara langsung, dan bukan di akuarium. Sebelum melihat secara langsung, saya telah mempelajar­i lebih dulu dan mengetahui bahwa pari manta merupakan ikan yang sangat friendly saat bertemu, itu yang saya rasakan!

Harapan untuk laut Indonesia bahkan dunia? Indonesia merupakan negara dengan laut yang sangat luas. Oleh karena itu, saya berharap kita sebagai warga negara Indonesia dapat melindungi dan melestarik­an laut beserta isinya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia