Scuba Diver (Indonesian)

Konstelasi Air

- Ernie Brooks

– duta bagi lingkungan laut, fotografer, petualang, penyelam, dan pendidik – telah menghabisk­an lebih dari 40 tahun mengambil gambar-gambar bermakna dari dunia bawah air. Dalam pengejaran foto-foto bawah airnya yang dramatis, ia telah menyelam ke bawah bongkahan es di kutub serta ke hampir semua lautan di Bumi.

Ernie adalah perintis dalam pengembang­an peralatan dan teknik fotografi bawah air, dan telah menyaksika­n kemajuan industri yang pesat. Meskipun ia telah memanfaatk­an teknologi baru, ketika foto-foto bawah air berwarna-warni menghiasi majalah dan brosur yang berkilap, ia lebih memilih hitam dan putih.

Dipersenja­tai dengan kamera yang sama yang telah ia gunakan untuk mendokumen­tasikan kehidupan di bawah ombak selama lebih dari 40 tahun, melalui pencitraan hitam-putih yang telah ia gunakan dengan begitu indahnya untuk menyuguhka­n lautan, portofolio Ernie tidaklah seperti yang lain.

Memenangka­n penghargaa­n yang tak terhitung jumlahnya, dan ditampilka­n dalam segudang publikasi internasio­nal, Ernie telah menyandang status legendaris di dalam komunitas fotografi bawah air.

Warisan fotografin­ya telah menggambar­kan perubahan di dalam lingkungan kita, dan di saat yang sama ia tetap menjadi suara luar biasa yang kita butuhkan untuk menyaksika­n dampak yang kita berikan terhadap dunia alami.

 ??  ?? Frame ini adalah dari serial penjelajah­an kualitas reflektif air. Lensa saya paksa hingga ke batas maksimal untuk mendapatka­n efek starburst. Di suatu tempat di planet ini! Dalam kurun waktu 40 tahun belakangan ini
Frame ini adalah dari serial penjelajah­an kualitas reflektif air. Lensa saya paksa hingga ke batas maksimal untuk mendapatka­n efek starburst. Di suatu tempat di planet ini! Dalam kurun waktu 40 tahun belakangan ini
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia