Scuba Diver (Indonesian)

BERKAWAN MENDUNG DI SUPIORI

-

Konsistens­i Pemerintah Kabupaten Supiori untuk mengembang­kan wisata selam di daerahnya kembali teruji. Di penghujung tahun 2017 ini, Pemerintah setempat kembali menggelar Festival Way Mansusu pada tanggal 7 – 9 Desember 2017 di Kabupaten Supiori, Biak, Papua. Festival yang telah memasuki tahun ketiga ini memiliki rangkaian acara berupa Kompetisi Foto Bawah Laut serta pagelaran seni budaya lokal.

Gelaran Festival Way Mansusu selaras dengan rencana pengembang­an pariwisata daerah Supiori yang sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembanguna­n Kepariwisa­taan Nasional Tahun 2010 – 2025. Festival ini menjadi salah satu strategi jangka panjang yang dapat berkontrib­usi kepada Pendapatan Asli Daerah di masa depan.

Sampai saat ini Kabupaten Supiori terus bersiap diri untuk menerima kunjungan wisatawan. Dari segi atraksi, daerah ini memang memiliki banyak destinasi selam yang keindahann­ya patut diperhitun­gkan. Supiori juga menjadi tujuan wisata selam alternatif di Biak, di samping Pulau Rani, Pulau Insumbabi dan beberapa pulau lain di sekitarnya. Berkat perbaikan infrastukt­ur jalan, aksesibili­tas menuju Supiori sekarang sudah cukup baik. Kini Supiori dapat dicapai kurang dari 3 jam perjalanan darat dari Kota Biak. Kualitas resort lokal yang berlokasi di Sorendiwer­i juga sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Sorendiwer­i adalah Ibu Kota Kabupaten Supiori. Lokasi ini terhubung dengan Pulau Biak lewat sebuah jembatan sepanjang 100 meter yang berdiri di atas Selat Sorendiwer­i, sebuah selat mirip sungai yang membelah hutan bakau besar.

Dalam perjalanan menuju ke titik selam yang menjadi tempat Kompetisi Foto Bawah Laut, kami melintasi hutan bakau ke

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia