FINEPIX XP120: SI MUNGIL YANG TANGGUH

Scuba Diver (Indonesian) - - REVIEW KAMERA -

Arief Yudo Wibowo

Arief Yudo Wibowo, Jilmi Astina Anif, I Made Widana

kali masuk ke pasaran, penjualan kamera konvensional langsung terjun bebas. Tapi, ketika orangorang keranjingan Instagram dan mulai suka mengunggah foto tajam dengan bermacammacam filter, industri kamera kembali mendapat peluang. Mereka mulai menghasilkan berbagai produk baru yang mampu mengalahkan kualitas foto smartphone tipe newentry.

Baru-baru ini majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia juga mendapat kesempatan untuk menguji kamera compact terbaru dari Fujifilm yang dinamakan FinePix XP120. Dalam pengujian ini turut serta pula Bapak I Made Widana dari Widana Dive Service yang memang sudah berpengalaman menggunakan kamera compact untuk underwaterphotography.

Pada dasarnya kamera ini memiliki sensor gambar yang lebih besar daripada smartphone dan cukup tangguh untuk digunakan dalam berbagai kondisi “ekstrim”. Bentuknya juga praktis, pas dimasukkan kedalam kantong celana lapangan dan memang dirancang sebagai kamera tahan air, tahan debu, serta tahan berbagai kondisi cuaca. Berikut adalah catatan kami setelah menguji kamera ini dalam penyelaman di Padang Bai, Bali. Saat sebagian besar produk teknologi mengedepankan tampilan modern yang didominasi warna putih, FinePix XP120 terlihat cukup ceria dan menyegarkan karena berani memunculkan warna-warna cerah. Dengan bingkainya yang berlapis karet, FinePix XP120 juga terlihat seperti kamera yang “tahan banting”.

Tampilannya terlihat sedikit “retro” karena tidak dilengkapi dengan layar sentuh sebagaimana umumnya kamera-kamera yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir. Tapi keputusan Fujifilm untuk menghilangkan fitur ini sangat beralasan, karena layar sentuh umumnya tidak bisa berfungsi dalam kondisi basah. Sebagai gantinya, FinePix XP120 menyajikan satu set tombol yang ditata dengan baik dan mudah digunakan.

Meski kamera ini menyuguhkan banyak hal baru seperti fitur berbagi foto ke smartphone

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.