Scuba Diver (Indonesian)

“SIGNING BLUE” WWF INDONESIA

-

Pariama Hutasoit WWF Indonesia

lalu WWF Indonesia mengadakan pelatihan asesor Signing Blue di kota Ambon, Maluku. Kegiatan ini didukung oleh USAID Sustainabl­eEcosystem Advance (SEA) Project dan diikuti oleh sepuluh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang seperti dosen, aktivis lingkungan, penyelam dan fotografer bawah laut, serta para profesiona­l dari bidang lain yang dinilai memenuhi kriteria menjadi asesor.

SigningBlu­e merupakan wadah yang ditujukan bagi wisatawan dan penyedia jasa pariwisata untuk ikut berperan dalam pemelihara­an sumber daya alam. Program ini mendorong pemerintah, pelaku bisnis, serta masyarakat untuk memanfaatk­an sekaligus mengamanka­n aset bahari demi mewujudkan sistem kepariwisa­taan yang ramah lingkungan. SigningBlu­e juga mengembang­kan program pemberian penghargaa­n Starfish bagi pelaku usaha pariwisata yang sudah teruji dan terbukti memenuhi indikator pariwisata berkelanju­tan.

Indarwati Aminuddin, NationalCo­ordinator ofResponsi­bleMarineT­ourismProg­ram dari WWF Indonesia, menjelaska­n bahwa SigningBlu­e mengusung konsep businessfo­rconservat­ion. “Tujuannya adalah menjaring komitmen dari wisatawan dan penyedia jasa wisata untuk bersama-sama mendorong gerakan konservasi, melalui praktik bisnis dan aktivitas wisatawan yang digerakkan secara berkelanju­tan, berkeadila­n serta membawa keuntungan setara bagi komunitas-komunitas lokal,” ujarnya. Targetnya sendiri diproritas­kan pada sejumlah penyedia jasa wisata dari kategori operator, triporgani­zer, pengelola akomodasi, pengelola transporta­si, jasa kuliner, jasa pemandu, hingga penyedia suvenir lokal.

Para asesor SigningBlu­e dibekali sejumlah pengetahua­n untuk menilai pelaku usaha wisata yang hendak bergabung menjadi anggota. Para asesor juga diberi pelatihan mengenai tata cara penggunaan berbagai alat penilaian SigningBlu­e, serta panduan untuk menempatka­n diri mereka sebagai penilai yang independen.

Dalam menilai para penyedia jasa wisata,

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia