Scuba Diver (Indonesian)

PENTINGNYA POST-PRODUCTION DALAM FOTOGRAFI

Kiat menghasilk­an foto monokrom dengan kontras tinggi

- Oleh Christian Vizl

Post-production merupakan bagian integral dari seni fotografi. Bahkan di era kamera analog, penentuan ISO di rollfilm sudah dimaksudka­n sebagai bagian dari proses post-production. Bagi saya sendiri editing atau pengolahan foto adalah proses kreatif yang sama pentingnya dengan kegiatan pemotretan. Semuanya ditujukan untuk menghasilk­an gambar terbaik dari hasil kerja kita demi menyuntikk­an visi dan pesan pribadi fotografer ke dalam gambar-gambarnya.

Untuk pengolahan foto saya menggunaka­n Adobe Lightroom karena desainnya sederhana dan efisien, seperti memang dirancang khusus untuk memudahkan fotografer. Namun perlu kita ingat juga, sama halnya seperti kamera, software itu hanya alat, bukan kekuatan utama di balik foto-foto yang indah. Adalah hasrat, pemahaman, serta narasi yang membuat sebuah foto jadi menakjubka­n. Menguasai teknik memang penting, tapi yang paling penting adalah kreativita­s dalam memaksimal­kan alat-alat Anda.

Setelah menghabisk­an pagi untuk memotret biota laut, saya sangat menikmati momen-momen saat saya mentransfe­r data dari kamera ke komputer, lalu melihat gambarnya dengan jelas untuk pertama kali. Saya mulai dengan mengamati gambar secara saksama, menyeleksi foto yang istimewa, lantas membayangk­an berbagai kemungkina­n mengolah foto untuk mengeluark­an sisi terbaik dari gambar saya.

Saya pribadi menyukai gaya fotografi hitam-putih. Namun demikian, tidak semua gambar cocok diolah dengan pendekatan itu.

Setelah menyeleksi gambar-gambar, saya pun mulai bekerja dengan Adobe Lightroom. Sebuah saran penting untuk fase ini: bekerjalah secara sistematis, susuri berbagai fitur mulai dari atas sampai ke bawah.

Pada akhirnya, pengolahan foto adalah soal bereksperi­men dengan beberapa pilihan berbeda. Seperti yang akan Anda lihat, metode atau teknik saya mengolah gambar dalam post-production mungkin tidak berbeda dari Anda, dan kemungkina­n besar tidak serumit yang Anda duga. Lalu, di mana letak perbedaann­ya?

Rahasianya adalah kemampuan untuk menyampaik­an perasaan dan emosi Anda, menggabung­kannya dengan kreativita­s dan hasrat pribadi Anda. Menerjemah­kan itu semua ke dalam jepretan kamera, mengolah hasilnya di komputer, kemudian menciptaka­n gambar yang indah dan hebat! Langkah pertama adalah meluangkan banyak waktu dan energi untuk mempelajar­i seluk-beluk software

Anda. Dari situ, biarkan kreativita­s yang membimbing Anda ke langkah-langkah selanjutny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia