S MAKANAN Penjaga Daya Tahan

agar terhindari dari penyakit selama musim pancaroba, kita harus membekali diri dengan daya tahan tubuh yang prima. Cukup istirahat, cukup olahraga, dan makan bergizi seimbang. Beberapa jenis makanan berikut ini bisa menjadi pilihan.

SEDAP - - Halaman Depan - TEKS M. SHOLEKHUDIN • FOTO ISTIMEWA • VISUAL KHARISMA

JaMBu BiJi

Selama ini jus jambu biji merah dipercaya bisa membantu kesembuhan demam berdarah. Sebetulnya keduanya tidak berkaitan secara langsung. Demam berdarah sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya asalkan tubuh tercukupi kebutuhan cairan dan gizinya. adapun jus jambu bertindak sebagai suplemen yang memang bisa membantu meningkatkan imunitas sehingga tubuh menjadi lebih kuat melawan virus. Salah satu kandungn jambu biji adalah vitamin C kadarnya istimewa. lebih istimewa dibandingkan dengan buah kebanyakan. Selain itu, warna merah pada jambu juga sumber antioksidan yang sama-sama berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

SirSak

Musim buah-buahan selalu sesuai dengan kebutuhan gizi manusia. Sebagai contoh, musim buah berair banyak biasanya bersamaan waktunya dengan musim kemarau ketika tubuh kita membutuhkan banyak cairan. Begitu pula musim sirsak yang bersamaan waktunya dengan musim hujan ketika kita membutuhkan suplemen untuk meningkatkan daya tahan. Sama seperti jambu biji, sirsak juga sumber vitamin C dan antioksidan yang istimewa. Sayangnya, buah ini tidak begitu populer. Jarang sekali orang yang menjadikan sirsak sebagai buah favorit. kalaupun kita makan sirsak, biasanya hanya seiris kecil. Padahal untuk memperoleh manfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh, kita mestinya makan sirsak dengan porsi seperti kita makan jeruk. Paling gampang, kita bisa menikmati sirsak sebagai sari buahnya sehingga kita bisa memperoleh gizi satu buah utuh sirsak hanya dengan minum segelas sarinya.

avokaD

Selain jambu biji dan sirsak, bulan-bulan ini kita masih akan dimanjakan dengan avokad yang sedang murah-murahnya. ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan konsumsi buah yang kaya vitamin e, asam amino, dan lemak baik ini. Daging avokad memang mengandung banyak lemak. Banyak orang yang takut dengan ini padahal lemak avokad adalah omega-3, mirip lemak ikan karena tergolong lemak baik. konsumsi lemak total memang harus dibatasi. Tapi kita tak perlu takut makan alpukat ukuran sedang, sehari beberapa buah. Selain mengandung lemak baik, avokad juga mengandung asam amino (penyusun protein) yang juga diperlukan untuk membentuk imunitas tubuh. ini kelebihan avokad dibandingkan buah kebanyakan.

Daging

Banyak orang takut makan daging karena khawatir dengan lemak dan kolesterolnya. Daging memang banyak mengandung lemak dan kolesterol. ini memang fakta. Tapi ada fakta lain yang tak boleh dilupakan. Daging juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk menjaga daya tahan, di antaranya vitamin B, seng, dan selenium. itu sebabnya para ahli gizi menyarankan agar kita tidak berpantang daging. Caranya dengan mengimbangi konsumsi daging dengan olahraga atau aktivitas fisik yang membakar lemak. ini cara paling mudah mencegah efek buruk lemak dan kolesterolnya. kita bisa saja berpantang daging, tapi untuk mendapatkan gizi setara daging, kita harus makan makanan secara sangat bervariasi. Dalam kaitannya dengan daya tahan tubuh, kita bisa mengonsumsi daging dalam bentuk sup berkuah dan berbumbu rempah.

YogeurT

Susu dan semua turunannya merupakan sumber vitamin, asam amino, dan mineral yang baik. ketiganya adalah komponen utama yang diperlukan untuk membentuk daya tahan tubuh. nilai gizi susu ini akan meningkat jika kita mengonsumsinya sebagai susu fermentasi. Dalam keadaan terfermentasi, asam amino susu akan lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh. Selain itu, adanya bakteri baik akan membantu tubuh melawan kuman patogen di saluran cerna sekaligus membantu tubuh memproduksi vitamin di usus untuk menjaga kekebalan. agar lebih enak rasanya dan lebih lengkap gizinya, kita bisa menikmati yoghurt dengan sari buah yang juga samasama bisa menjaga daya tahan tubuh, misalnya perasan sirsak.

Brokoli

agar pasukan pertahanan tubuh lengkap, kita harus mendapatkan gizi komplet, tidak hanya dari buah dan sumber protein tapi juga sayuran. Dari kelompok sayurmayur, brokoli tergolong istimewa. takil dari sayuran berwarna hijau tua ini mengandung vitamin C, vitamin a, dan antioksidan glutation yang semuanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Paling bagus sayuran ini dikonsumsi dalam bentuk masakan dengan pemanasan singkat dan suhu tidak terlalu tinggi, misalnya ditumis atau disup.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.