DONAT KENTANG

SEDAP - - Editor's Favorites -

Sedap Lovers tentu suka makan donat, kan? Bukan hanya donat yang ada di resto atau kedai ternama, tapi donat yang ada di warung-warung dekat rumah yang sekadar disajikan dengan taburan gula halus pun sudah enak rasanya.

Nah, agar makan donat bisa terasa lebih memuaskan, kita tentu bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga kualitas bahan dan kelezatan rasanya bisa lebih terjamin dan dapat disesuaikan dengan selera keluarga.

Kali ini saya berkreasi membuat donat dengan bahan kentang. Kenapa? Dengan tambahan kentang, tekstur donat yang dihasilkan akan lebih lembut saat disantap. Tak percaya? Yuk, segera kita buktikan di dapur tercinta lalu sajikan di meja saat kumpul keluarga!

Jika terbiasa menguleni adonan donat menggunakan tangan, Sedap Lovers bisa melakukannya. Namun jangan lekas menyerah, ya. Sebab adonannya harus benarbenar diuleni hingga kalis dan elastis, dengan memakan waktu selama 30 menit. Memang agak membutuhkan tenaga dalam hal ini, tapi percayalah, hasilnya pasti memuaskan seluruh anggota keluarga.

Membuat donat memang perlu sedikit kesabaran adonan hingga mengembang setelah 30 menit diistirahatkan. Jika sudah berhasil membuat adonan donat dengan mengikuti resepnya, goreng donat dengan menggunakan minyak padat yang sudah dipanaskan di atas api sedang, hingga berwarna keemasan.

Oh ya, kali ini saya membuat donat yang sedikit dilubangi bagian tengahnya, agar bisa diberi hiasan bagian atasnya. Donat pertama yang saya buat Fruit Caracter Doughnut. Ini merupakan donat kentang yang super meriah karena hadir dengan toping cokelat warna-warni dan dibentuk motif aneka buah. Si kecil pasti senang menyantapnya.

Donat kedua adalah Donat Injection. Sedap Lovers memang perlu menyediakan alat injeksinya berupa pipet untuk menyimpan filling-nya, yakni cokelat leleh. Donat Injection sangat unik karena fillingnya terpisah dari donatnya sehingga terlihat lebih “wah” saat disajikan. Filling-nya bisa disesuaikan dengan selera, boleh cokelat leleh atau selai buah. Donat ini bisa Sedap Lovers sajikan pada saat arisan atau pesta di rumah, lo!

Donat ketiga lebih unik lagi karena adonan donatnya saya cetak dengan cara melilitkan adonan donat yang sudah dipulung pada cetakan bentuk cone. Donat bentuk cone ini lebih bertekstur karena sebelum digoreng dalam balutan tepung panir. Donat ini semakin lezat saat disajikan dengan esk krim. Sudah siap berkreasi membuat donat kentang di rumah?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.