DEKORASI DIDOMINASI GAYA RUSTIC

SEDAP - - Berita Kuliner - Whatsapp: 081295918714 LINE: versarabelle Website: www.versarabelle.com

Nuansa rustic pada sebuah dekorasi table setting bisa diwakili dengan tampilan sebuah meja kayu berhias dedaunan hijau dan bunga putih yang tersusun rapi dan berpadu serasi dengan warna cokelat meja kayu yang tak dialasi selehai kain.

Untuk memberi kesan hidup, diselipkan bunga mawar merah marun di antara dedaunan hijau. Tampilan meja kian memesona dengan dekorasi kotak lilin dan pernak-pernik kayu serupa wayang gunungan. Di atas meja, tertata 2 jenis gelas wine dan piring kaca, yang posisinya disesuaikan letak kursinya. Sebuah kartu kecil penanda acara, tak luput disimpan berdampingan di tiap piring.

Menurut salah seorang pemilik jasa party planner Versarabelle, Stevany Linardi, dekorasi meja bergaya rustic menjadi salah satu tema yang paling diminati para klien untuk paket table setting belakangan ini.

Nuansa warna bergaya rustic yang ditawarkan Versarabelle cukup beragam. Dari blue white rustic, white gold, rustic, rustic garden, rustic lemon, dan clean rustic. Namun tak jarang ia diminta menyajikan konsep table setting selain rustic. Misalnya, tema traditional java, white pastel, paris pastel, hippie bohemian, the arabian, monokrom, hingga karakter film dan kartun seperti Avangers, Hello Kitty, atau Rilakkuma.

Untuk memadupadankan pernak-pernik dekorasi di atas meja pada sebuah table setting, kata Stevany, tergantung pada model mejanya. “Untuk meja bulat, dekorasinya tak perlu terlalu ramai dan pusat dekorasi biasanya ditata di bagian tengah meja,” ucap Stevany.

Sebaliknya untuk meja persegi panjang, ragam hiasan seperti kristal, mutiara, tempat lilin, hingga aneka bunga, bisa ditata di sepanjang meja makan. “Kalau pakai meja panjang yang disambung, kami alasi taplak atau table runner di bagian tengahnya, agar tak kentara sambungan mejanya dan acara makan jadi lebih nyaman,” sambung wanita 26 tahun itu.

Menurutnya, ia tak punya waktu khusus untuk membeli pernak-pernik dekorasi yang kerap digunakannya. Bahkan, kata Stevany, saat ini sudah banyak supplier lokal, termasuk perajin kayu yang bisa dipesannya untuk membuat candle stick hingga photo frame.

“Tapi kalau sedang ke luar negeri dan menemukan benda unik yang belum pernah dilihat di Jakarta, biasanya kami beli,” ungkapnya seraya menjelaskan, jasa party planner Versarabelle didirikan olehnya bersama 3 teman kuliahnya, sejak 5 tahun lalu.

Di samping pernak-pernik dekorasi yang unik, Versarabelle pun turut mempersiapkan gelas wine pada table setting yang diadakan di resto, terlebih jika pihak resto tak bisa menyediakannya. “Sendok, garpu, serbet, dan pisau biasanya kami minta siapkan dari pihak resto,” imbuh dia.

Fokus dekorasi ala Versarabelle juga terletak pada penggunaan bunga dan tanaman asli yang segar, kendati Versarabelle juga tetap menggunakan tanaman artifisial. “Beberapa bunga, seperti peony dan anemone, cukup sulit ditemukan aslinya di Indonesia. Jadi cara menyiasatinya, ya, pakai bunga artifisial,” jelas Stevany.

Untuk menata meja bagi

10 tamu undangan, misalnya, Stevany dibantu 2 rekannya untuk mendekorasinya. Namun jika tamu undangannya mencapai 100 orang, ia dibantu 5-10 orang tim. Yang jadi kendala, biasanya ia bersama tim hanya diberi waktu 1 jam untuk mengerjakan seluruh dekorasi.

“Ya, waktu yang diberikan biasanya terbatas. Terkadang ada beberapa barang yang justru susah masuk ke lokasi. Jadi kami harus kreatif saat mendekorasi,“kata Stevany sambil mengatakan, harga paket table setting yang ditawarkan Versarabelle Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per pax, untuk minimal 15 oragn sampai 100 orang. “Kalau jumlah tamunya di bawah itu, harganya bisa lebih tinggi,” tutup Stevany.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.