WHAT’S NEW

Ademuy GelAto by SWeet SundAe ICe CreAm

SEDAP - - All About Butter - TeKS & Foto RIZKIE N | VISuAl bElla f.

Gelato atau es krim khas Italia ini pada umumnya tersaji dalam varian rasa vanila, cokelat, hazelnut, pistachio, creamy, atau stracciatella. Kini, gelato hadir dengan lebih banyak varian rasa, bahkan terasa unik di lidah. Seperti yang dilakukan Ademuy Gelato by Sweet Sundae Ice Cream, yang menyajikan gelato dengan cita rasa lokal Indonesia, salah satunya gelato rasa rendang dan pecel. Wah!

Mengusung konsep gelato lokal, pasangan Andromeda Sindoro Soekarno (31) dan Yuki Rahmayati (30) menyuplai bahan utama susu dari peternak di Cangkringan, Sleman. Demi memberi varian rasa pada gelato, mereka membeli cokelat dari Makassar dan Pekalongan, stroberi dari Bandung dan Bandungan, serta kopi dari Medan. “Jadi tiap varian rasa gelato punya cerita tersendiri,” tutur Yuki.

Tak hanya itu, Ademuy Gelato pun mengembangkan varian rasa gelato dari kuliner Nusantara. “Di awal usaha kami hanya punya 12 varian rasa. Seiring waktu makin bertambah dan kini sudah ada 39 varian rasa berbeda. Ada rasa yang di mix, ada juga hasil pengembangan rasa Nusantara,” jelas Yuki.

Dari puluhan varian rasa yang ada, gelato rasa rendang jadi yang terunik. “Idenya muncul dari kuis yang kami unggah di Instagram. Kami tanyakan ke followers, rasa gelato apa yang ingin mereka coba. Rendang jadi pilihan terbanyak,” ujar Yuki.

Untuk mewujudkan permintaan followers, selama 1 minggu Yuki dan Andro berkeliling ke sejumlah rumah makan khas Padang di Yogyakarta. Setelah ditemukan rasa rendang yang paling cocok, mereka masak sendiri rendangnya.

Rendang memiliki aroma dan rasa rempah yang sangat kuat, maka untuk 1 liter gelato Yuki hanya mencampurkan 4-5 sendok makan rendang saja. Tak hanya bumbu rendangnya yang ia masukkan ke dalam gelatonya, tapi juga beserta potongan daging sapinya.

Varian rasa lokal lain yang tak kalah unik adalah gelato es teler. “Idenya muncul ketika kami mengikuti kompetisi gelato pada 2017. Untuk meningkatkan cita rasa khas es teler, kami tambahkan potongan buah nangka ke dalam gelatonya,” terang Yuki lagi. Kendati tak memenangi kompetisi, kata Yuki, gelato es telernya ludes dibeli orang.

VARIAN RASA UNIK

Gelato unik lainnya adalah varian rasa rujak. Agar kesegaran khas rujaknya makin menonjol, mereka menggunakan buah segar asli, seperti bengkoang, kuini, kedondong, jambu air, dan nanas yang dicincang halus lalu dicampurkan ke dalam gelato bersama gula jawa dan cabai.

Tak hanya itu, Ademuy Gelato pun berani berkreasi menghadirkan gelato rasa unik lain, di antaranya serai, jahe, salak pondoh, daun kelor, ubi ungu, hingga pecel. Dan varian terbaru Ademuy Gelato adalah nangka asli, durian, dan tapai ketan hijau.

Oh ya, agar cita rasa lokalnya kian terasa di lidah, selain susu, Yuki dan Andro menggunakan santan untuk gelatonya. Kelapanya dari Kulon Progo, Yogyakarta dan untuk diolah jadi gelato, santan harus memenuhi standar kekentalan. “Satu butir kelapa hanya untuk 1 liter santan,” ujar Yuki.

Untuk menghadirkan gelato rasa lokal yang pas di lidah, imbuh Yuki, rasa makanannya dipilih yang bisa bertahan lama karena ia hanya menggunakan bahan alami, tanpa tambahan perasa. Meski begitu, gelatonya memiliki masa konsumsi 12 bulan. “Nah, kalau gudeg semakin lama bisa asam. Jadi kami tak bikin varian rasa gudeg,” tukas Yuki.

Aneka gelato bercita rasa unik produksi Ademuy Gelato hadir dalam 4 kemasan: cup kecil seharga Rp 15 ribu, cup besar Rp 25 ribu, 1 liter Rp 95 ribu, dan 5,5 liter yang dihargai berbeda, sesuai varian rasanya.

VARIAN SEREH VARIAN KELOR sedap 12 - 2018 VARIAN PECEL

VARIAN JAHE VARIAN RENDANG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.