RESTO BERNUANSA HOMEY BERKONSEP ONE STOP SERVICE UNTUK KELUARGA

Kesan homey akan langsung terasa sejak kita memasuki lobi utama SIKU Dharmawangsa. resto ini tampak berbeda dengan resto lain karena tak hanya menyajikan beragam menu makanan dan minuman enak saja. SIKU Dharmawangsa juga menyediakan berbagai fasiltas untu

SEDAP - - Resto Ke Resto - SIKU DHARMAWANGSA TEKS ANIZA P. | FOTO Y. BAYU & DOK. PrIBADI | VISUaL BENYAMIN W.

Sesampainya di lobi utama SIKU Dharmawangsa, pandangan Sedap Lovers akan langsung tertuju pada satu area yang dilengkapi aneka mainan anak. Di sisi lain, terdapat banner bertuliskan Siku Skin yang menjelaskan bahwa di tempat ini juga terdapat area perawatan kecantikan.

Lo, lantas di selebah mana area restonya? Jangan dulu merasa bingung. Konsep yang ingin ditampilkan SIKU Dharmawangsa memang one stop service, yang menyediakan beragam fasilitas untuk pengunjung keluarga, selain tempat bersantap.

Sang pemilik SIKU Dharmawangsa, Iraarosa Ardhi Boediono menjelaskan, bersama rekannya, Navilla Naif, sengaja ingin menyediakan tempat yang nyaman untuk para pengunjung keluarga. “Ya, saya memang sengaja menyediakan berbagai fasilitas di resto ini agar pengunjung, terutama yang datang bersama keluarga, merasa nyaman,” ujar wanita yang akrab disapa Ira.

Di dalam bangunan seluas 700 m2 ini tersedia Siku Skin atau tempat perawatan kecantikan, seperti eyelash extention, eyebrow embroidery, hingga facial treatment. Di lantai dua bangunannya, tersedia area studio yang dapat disewa untuk berbagai kegiatan, seperti grup project sekolah/komunitas, teater, paduan suara, dan sebagainya.

Bahkan bagi Sedap Lovers yang ingin mengikuti berbagai kegiatan fisik atau olah raga, di sini juga dibuka kelas zumba, yoga, dan belly dance. “Untuk zumba, sekali datang dikenakan biaya Rp 100 ribu, sedangkan belly dance biayanya Rp 150 ribu untuk sekali datang,” terang Ira lagi.

Ira dan Navilla juga menyediakan flower gift & shop di SIKU Dharmawangsa. Jadi, bagi Sedap Lovers yang sedang mencari kado atau beragam barang unik, bisa mampir ke sebuah toko kecil di SIKU Dharmawangsa, sambil menanti pesanan makanan dan minuman tiba atau seusai bersantap di area resto.

Oh ya, satu lagi yang tak biasa ada di dalam sebuah resto, ternyata di SIKU Dharmawangsa juga dibuka kelas matematika untuk anak usia 3-15 tahun. “Biaya kelas matematika ini per bulannya Rp 720 ribu dan untuk 3 bulan Rp1,8 juta, dengan dua kali pertemuan setiap minggunya,” tambah Ira.

OUTDOOR & INDOOR

Resto berdesain art deco yang cukup kental ini tampil melalui pemilihan warna-warni cerah pada beberapa bagiannya, seperti hijau, oranye, dan merah. Bagian dindingnya didominasi warna hijau dengan funitur bermaterial kayu, yang membuat suasana di area ini terasa lebih hangat. “Konsep interiornya dibuat senyaman mungkin, dengan pemilihan warna cerah di dalamnya,” ungkap Ira.

Agar konsep ceria semakin kentara, ditata cushion warna-warni di atas sofa di area resto. SIKU Dharmawangsa juga memanfaatkan pencahayaan alami matahari, terlihat dari penggunaan material kaca pada plafonnya. Sehingga cahaya matahari di siang hari dapat langsung masuk ke dalam ruangan.

Ruangan makin cantik karena plafon kacanya dilengkapi ornamen kayu kotak-kotak dan digantungi lampu bohlam panjang. Area resto terbagi menjadi 2 bagian utama, yakni outdoor dan indoor. Jika Sedap Lovers ingin bersantap atau menikmati secangkir kopi dengan suasana nyaman, bisa menempati area indoor. Jika ingin lebih dekat dengan alam, bisa menikmati beragam hidangan di area outdoor.

Di area outdoor tersedia sejumlah lay bag atau kursi balon warna-warni dan jejeran kursi. Biasanya, kata Ira, area outdoor sering disewa untuk acaraacara khusus, seperti lamaran, ulang tahun anak, hingga pesta pernikahan dengan jumlah undangan berskala kecil. Bahkan di area outdoor juga terkadang digelar acara nonton bareng, dilengkapi layar lebar.

Kata Ira, syarat menyewa area outdoor di SIKU Dharmawangsa, hanya perlu memesan paket buffet saja. “Jika jumlah pengunjungnya di atas 40 orang, kami sarankan memesan paket buffet. Tapi kalau di bawah 40 orang, bisa pesan menu paket yang tersedia di SIKU,” papar Ira.

Selain area outdoor dan indoor, di SIKU Dharmawangsa juga tersedia private room, yang berada di samping area coffee bar. Private room, kata Ira, bisa disewa untuk berbagai acara yang lebih pribadi, seperti meeting atau makan malam private bersama keluarga. “Private room bisa disewa dengan order menu minimum Rp 2 juta,” lanjut Ira.

MENU COMFORT FOOD

SIKU Dharmawangsa menawarkan aneka menu comfort food yang pasti disuka seluruh anggota keluarga. Di antaranya yang paling jadi favorit adalah mi ayam, spaghetti, cumi pedas, torri katsu, dan masih banyak lagi.

Menurut Ira, sebetulnya ia sendiri tak bisa masak sehingga ia menyerahkan urusan menu ke had chef-nya untuk menerjemahkan idenya. “Misalnya, saya suka makanan A lalu saya sampaikan ke chef-nya dan dibuatkan. Saya tinggal mencobanya, apakah rasanya sudah pas atau belum,” ujarnya sambil tertawa.

Menu rekomendasi Ira yang bisa Sedap Lovers pesan di SIKU Dharmawangsa salah satunya gurame cabai manis atau gurame goreng tepung berlumur saus asam manis, lengkap dengan seporsi nasi hangat. Ira juga merekomendasikan menu nasi cumi pedas, yang terdiri dari nasi garlic, cumi yang di-grill dan dibumbui sambal rica plus salad.

Penggemar mi ayam juga bisa memesan menu ala kaki lima ini di SIKU Dharmawangsa, yang memang menjadi salah satu menu favorit di resto ini. Bagi yang sedang berdiet, jangan khawatir. Mi ayam di SIKU Dharmawangsa, kata Ira, bisa diganti dengan shirataki yang nol kalori. “Beragam menu di sini harganya mulai Rp 38 ribu hingga Rp 128 ribu per porsinya,” tambah Ira.

Oh ya, bagi penikmat kopi, bisa menikmati beragam menu kopi di sini, seperti coconut iced coffee, avocado coffee, nutties coffee, hingga iced latte. Menurut barista SIKU Dharmawangsa, menu kopi yang paling jadi favorit di sini adalah secangkir kopi yang dibubuhi gula aren dan krim.

Menariknya lagi, si kecil juga bisa menikmati popcorn yang disediakan bersama mesin pembuatnya. Minuman yang tak kalah unik untuk si kecil adalah Uniqe Corn, yakni perpaduan corn flakes, fresh milk, popcorn syrup, dan vanilla ice cream, dengan toping gulali berukuran besar!

BERORIENTASI KELUARGA

Tak ingin sembarangan dalam mewujudkan konsep resto yang berorientasi pada pengunjung keluarga ini, Ira dan Navilla yang telah bersahabat sejak SMA ini mengaku, sangat berkaca pada kebutuhan mereka.

“Kami berdua ibu rumah tangga yang selama ini selalu mencari tempat yang nyaman untuk mengobrol seusai mengantar anak sekolah. Biasanya kami mampir ke mal. Nah, dari adanya kebutuhan yang sama, akhirnya kami terpikir membuka resto yang punya banyak fasilitas yang dibutuhkan keluarga,” kisah Ira yang bersama Navilla sepakat membuka SIKU Dharmawangsa sejak 2017 lalu.

Kebetulan Ira memiliki bangunan di kawasan Dharmawangsa, yang kemudian ia ubah bangunannya menjadi area resto yang bisa menampung banyak fasilitas yang dibutuhkan ibu dan anak. Sehingga, kata Ira, bagi para ibu yang tengah menunggu anak-anaknya pulang sekolah, bisa bersantai di SIKU Dharmawangsa.

Maka, tak heran bila selama ini pengunjung SIKU Dharmawangsa lebih banyak didominasi para ibu dan keluarga, kendati banyak juga pengunjung berusia muda. Diakui Ira, beragam kalangan usia pengunjung ini datang silih berganti. “Seperti ada polanya. Pagi hari didominasi ibu-ibu, kemudian sore sampai malam yang datang banyak anak muda, dan weekend lebih banyak keluarga,” ucapnya.

Oleh karena sangat peduli pada keluarga, terutama anakanak, Ira dan Navilla pun sengaja membuat area outdoor-nya yang sangat ramah anak. Menurutnya, anak-anak sangat perlu ruang hijau terbuka agar bisa lebih aktif bergerak.

“Kami sangat menyadari, anakanak perlu sekali ruang bermain terbuka. Apalagi anak zaman sekarang, kan, cenderung lebih banyak main di dalam rumah atau di mobil dan selalu terkena AC. Tentu saja menjadi kurang sehat buat anak-anak. Maka, kami sediakan ruang outdoor di SIKU,” pungkas Ira.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.