IchIRo RameN maRket GAYA BARU MENYANTAP RAMEN BERKUAH DINGIN

Jika biasanya ramen disajikan di dalam mangkuk dengan kuah yang hangat, berbeda dengan ramen yang disajikan oleh Ichiro Ramen yakni di dalam gelas bir dengan kondisi dingin! Namun jangan khawatir, walaupun menunya dinamai Beer Ramen, dalam komposisinya ti

SEDAP - - What's New - TEKS ANIZA P. | FOTO DOK. ICHIRO RAMEN MARKET | VISUAL BENYAMIN W.

Ichiro Ramen Market, yang berada di bawah naungan PT Selera Ichiro Bersaudara, menyediakan beragam hidangan khas Jepang yang layak dicoba. Salah satu menunya yang sedang hits di kalangan foodies adalah Beer Ramen.

Eits, jangan salah! Menu beer ramen ini sama sekali tidak menggandung bir, kok. Menunya sengaja dinamai beer ramen karena ramennya memang diwadahi di dalam gelas bir berukuran besar dan penampilan sajiannya memang dibuat layaknya segelas bir, lengkap dengan busa di bagian atas ramennya. Unik, ya!

Menurut salah seorang staf Ichiro Ramen Market, konsep yang dihadirkan pada menu ini terinspirasi dari konsep ramen dingin yang populer di Jepang. “Di Indonesia musim kemarau cukup panjang, sehingga memberi ide bagi Ichiro Ramen untuk menyajikan ramen dingin di sini,” katanya sambil melanjutkan, “Kebetulan menu beer ramen juga sedang populer di Kanada hingga ke Asia Tenggara. Jadi, dibawa ke Indonesia.”

Berbeda dengan kuah ramen pada umumnya yang menggunakan kaldu kental, beer ramen hanya menggunakan kaldu umami khas Jepang, sehingga cita rasanya gurih dan sengaja dibuat lebih nikmat saat disantap dengan suhu kuah yang dingin.

Jenis kaldu yang digunakan adalah kaldu kering yang diimpor langsung dari Jepang lalu ditambahkan soyu sebagai pewarna cokelatnya. “Bahan utama kaldunya masih harus diimpor dari Jepang karena di Indonesia belum ada kaldu kering yang pas,” tambahnya.

Untuk menghasilkan kaldu dingin yang sedap, tim dapur Ichiro Ramen Market menggunakan racikan asli Jepang, yakni sistem penyimpanan di dalam chill. Racikan kuah ramen dingin ini disebut saus dingin beer ramen. mi ramennya home made dengan 4 jenis tekstur yakni tipis, tebal, gandum, dan udon dengan varian rasa green tea, sakura, original, garlic, dan hitam tinta cumi.

BUSA DARI KOCOKAN TELUR

Yang unik dari sajian segelas beer ramen ini adalah toping busa di atas beer ramennya. Untuk menghasilkan busa ini, tim dapur Ichiro menggunakan racikan telur yang dikocok hingga menjadi busa, layaknya busa pada minuman bir.

Agar testur mi ramennya pas saat disajikan, tim dapur Ichiro merebus mi sesuai jenisnya. Jika mi yang digunakan tebal, perlu direbus 5-6 menit. Sementara mi tipis hanya perlu direbus 1-2 menit. “Setelah mi direbus, langsung dimasukkan ke dalam dalam air dingin dan ditiriskan agar tidak mengurangi temperatur kuah beer ramennya,” ujarnya.

Berbeda dengan ramen berkuah panas yang biasanya langsung disajikan bersama kondimennya, beer ramen disajikan dengan kondimen terpisah, terdiri dari nori, irisan daun bawang, dan acar jahe. “Menu pendamping antara lain aneka gorengan dan bakaran, seperti izakaya, tempura sayuran, tempura udang, kaarage, dan sebagainya.”

Penasaran dengan menu beer ramen berkuah dingin yang unik rasanya? Sedap Lovers bisa langsung mampir ke sejumlah gerai Ichiro Ramen Market, di AEON Mall BSD, AEON Mall JGC, PIK Avenue, dan cabang lainnya, dengan harga Rp 48 ribu per porsi. ICHIRO RAMEN MARKET Telp: 0822 13855409 Instagram: @ichiroramenmarket Email: [email protected]

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.