IBOE GRIYA HERBA, SURABAYA MINUM JAMU GAYA BARU PADUKAN REMPAH, SAYUR & BUAH

SEDAP - - DAFTAR MENU -

Apa yang Sedap Lovers pikirkan ketika mendengar jamu? Pasti akan langsung membayangk­an rasanya yang pahit dan tidak enak, kan. Buang jauhjauh persepsi lama tadi, sebab jika singgah ke Iboe Griya Herba yang berlokasi di Jalan Gubeng 68 A-B Surabaya, Sedap Lovers akan dimanjakan dengan aneka menu makanan serta minuman kesehatan herbal drinks dengan cita rasa yang nikmat dan menyegarka­n. Tak percaya? Mari kita buktikan!

Jamu Iboe memiliki sejarah yang panjang. Tahun 1910 merupakan cikal bakal hadirnya Jamu Iboe. Didirikan oleh duo ibu dan anak, Tan Swan Nio dan Siem Tjiong Nio, Djamoe Industrie en Chemicalie­n Handel Iboe Tjap 2 Njonja, hadir di Ngaglik, Surabaya, Jawa Timur.

Kini, Jamu Iboe telah berusia 109 tahun dan mampu bertahan bahkan terus mengembang­kan diri di tengah dinamika perjamuan nasional di tangan generasi ke-4, Stephen Walla. Product Group Manager PT Jamoe Iboe Jaya, Perry Angglishar­tono, menjelaska­n, Jamu Iboe ingin terus berkembang dan lebih dekat dengan masyarakat.

Maka, Jamu Iboe mulai menggalakk­an tumbuhnya kedai jamu modern ala kafe di pusatpusat belanja atau mal, kafe, juga restoran. Kafe jamunya diberi nama Iboe Griya Herba. Saat ini, jumlahnya sudah mencapai lebih dari 30 kedai jamu di kota Surabaya.

Konsep kafe jamunya sangat menarik karena masyarakat sekitar Surabaya bisa dengan mudah menemukann­ya di pusat-pusat perbelanja­an. “Masyarakat bisa menikmati jamu di area belanja dengan kemasan jamu kekinian yang praktis dan rasa Jamu yang nikmat, sesuai dengan lifestyle masa kini,” jelas Perry.

KAFE & AREA RELAKSASI

Iboe Griya Herba merupakan kafe yang menjual berbagai varian produk Jamu Iboe sekaligus tempat alternatif untuk hang out. Berlokasi di pusat kota Surabaya berkonsep kafe kekinian, Iboe Griya Herba bisa menjadi pilihan tempat berkumpul bersama keluarga, sahabat, hingga rekan bisnis.

“Store jamu dengan fasilitas ala kafe masa kini yang nyaman, sangat cocok dengan kondisi masyarakat zaman sekarang. Mereka bisa menikmati berbagai sajian snack sekaligus menyesap minuman kesehatan herbal dan jus,” imbuh Perry.

Kafe jamu Iboe Griya Herba terdiri dari 2 lantai. Area kafe

yang disebut Iboe Herbal Bar dan galeri Jamu Iboe berada di lantai 1, lalu area family spa serta refleksi berada di lantai 2. Pengunjung yang datang ke kafe jamu ini bisa melihat beragam jenis rempah disertai infromasi khasiatnya yang tertata rapi di dalam stoples kaca.

Di salah satu etalasenya juga dipamerkan aneka produk Jamu Iboe sejak zaman dahulu hingga sekarang. Penataan dan hiasan etalasenya tampak sangat artistik, misalnya hiasan lampu menggunaka­n botol kaca khas jamu gendong, lengkap dengan keranjangn­ya yang biasa dipanggul simbok penjual jamu gendong keliling.

Sejumlah menu jamu yang ditawarkan di kafe ini utamanya 3 produk jamu andalan. Pertama, produk tradisiona­l atau jamu seduh tradisiona­l. Kedua, produk modern atau kapsul ekstrak herbal suplemen yang praktis dikonsumsi. Ketiga, Iboe Natural/Health Drink atau minuman alami dengan cita rasa segar.

TARIK MINAT MILENIAL

Demi menarik pangsa pasar generasi muda atau milenial, Jamu Iboe pun tak luput meregenera­si produk jamunya, sekaligus mengubah tempat berjualan produknya berkonsep ala kafe tadi. “Dengan konsep kafe yang kekinian, diharapkan jamu bisa lebih diterima oleh generasi millenial dan persepsi jamu yang pahit dan kuno bisa berubah menjadi minuman seharionli­ne. hari, layaknya kopi dan teh,” ungkap Perry.

Bentuk komunikasi­nya juga disesuaika­n dengan target market baru Jamu Iboe, yaitu kaum milenial. “Kami mendukung dan bekerjasam­a dengan kalangan milenial lewat event offline dan Dampaknya, saat ini Jamu Iboe sudah mulai bisa diterima generasi milenial, baik lewat produk Iboe Natural/Health Drink-nya maupun melalui Iboe Herbal Bar yang mulai tersebar di beberapa mal di kota besar,” jelas Perry.

Selain banyak dikunjungi oleh kaum muda dan keluarga, Iboe Griya Herba juga sangat terbuka untuk menerima kunjungan dari berbagai kalangan, dari masyarakat umum, komunitas, hingga mahasiswa perguruan tinggi yang ingin mengadakan penelitian seputar jamu.

JAMU, SAYUR & BUAH

Di Iboe Griya Herba, minuman jamu benar-benar mengalami banyak perubahan. Di sini, Sedap Lovers tak akan lagi menemukan cita rasa pahit dari segelas jamu. Tak heran bila kini jamu semakin digemari oleh kalangan muda Surabaya.

Salah satu inovasi yang dilakukan Iboe Griya Herba adalah herbal mixed juice and drink. Sebuah minuman jamu yang terbuat dari bahan-bahan tradisiona­l yang dicampur buah dan sayur. Rasa asli jamu yang biasanya terasa pahit dengan aroma herbal yang sangat kuat, tak lagi mendominas­i.

Kini rasa jamu menjadi terasa jauh lebih nikmat. “Ragam sajian herbal mixed juice yang ada di sini antara lain green tamarind atau perpaduan minuman kesehatan kunyit asam dengan sayur sawi. Ada juga temulawak ma-to, yakni perpaduan minuman kesehatan temulawak, mangga, dan buah tomat. Hingga rosella strawberry, perpaduan antara minuman kesehatan rosella dan buah stroberi,” jelas Perry.

Varian minuman lainnya selain jamu adalah olahan teh herbal. Minuman berbahan teh ini tak hanya cocok bagi orang dewasa, tapi juga cocok dikonsumsi oleh anak kecil dan remaja. Apalagi cita rasa minumannya menjadi sangat menyegarka­n.

Ada 4 varian teh herbal yang jadi favorit pengunjung Iboe Griya Herba karena memiliki manfaat kesehatan, yakni less cholestero­l tea yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah; teh aloe vera yang mengandung banyak serat baik bagi pencernaan, menghalusk­an kulit, serta membantu proses detoksifik­asi; teh kulit manggis yang mengandung antioksida­n demi menjaga kesehatan tubuh; juga teh alangalang yang bisa meredakan panas dalam dan sakit tenggoroka­n.

“Jamu kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Jamu adalah minuman yang sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Nikmat sekaligus kaya manfaat. Dengan begitu, hidup akan menjadi lebih berkualita­s dan tentu saja sehat,” papar Perry sedikit berpormosi.

Kombinasi minuman herbal dan jus, serta teh herbal di Iboe Griya Herba dijual dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 8 ribu hingga Rp 20 ribu. Nikmatnya lagi, beragam minuman segar nan sehat tadi dapat disajikan hangat maupun dingin. Hmm… bikin penasaran, ya!

IBOE GRIYA HERBA JALAN RAYA GUBENG 68 A-B, SURABAYA, JAWA TIMUR BUKA: PUKUL 09.00-21.00 WIB INSTAGRAM: @IBOE_GRIYAHERBA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.