Main Egrang Batok

XY Kids - - MENU KALI INI -

Serunya melompati rintangan pakai Egrang Batok.

Kata siapa batok kelapa bekas enggak bermanfaat lagi? Selain bisa dijadikan arang, batok kelapa bisa dipakai untuk bermain, lo! Beberapa waktu lalu XY-Kids! dan teman-teman dari SD Tarakanita 2 menciptakan permainan seru pakai batok kelapa. Lihat, deh, keseruannya!

BATOK KELAPA

Sekilas permainan ini kayak Egrang. Hanya saja mainnya pakai batok kelapa, bukan bambu. Konon, permainan ini berasal dari Sulawesi Selatan dan sering dimainkan oleh suku Bugis. Permainan ini dikenal dengan nama Majjeka, yang berasal dari kata Jeka (jalan).

Sebenarnya permainan ini punya banyak nama, dan hampir setiap daerah punya sebutan berbeda, seperti Egrang Batok, Majjeka, Makkadaro, hingga Lari Tempurung. Permainannya sangat simpel, kita hanya berdiri di atas 2 buah batok kelapa yang sudah terikat dengan tali. Keseimbangan jadi hal terutama dalam permainan ini. JUMPING CONE Permainan seru ini cukup melatih keseimbangan kita di atas batok kelapa. Peralatannya cukup mudah, kok. Kita hanya butuh beberapa halang rintang untuk dilewati, seperti batu atau cone futsal. 1. Susun halang rintang 4-8 cone dengan jarak sekitar 1 meter. 2. Pemain harus melewati halang rintang dengan cara melompatinya. Cara lompatnya seperti kelinci, ya! 3. Saat mendarat, kaki harus tetap di atas tempurung. 4. Jika kaki menyentuh tanah, maka pemain harus

mengulang dari titik start. 5. Pemain yang tercepat melewati halang rintang

jadi pemenangnya.

PENALTY CHALLENGE

Tantangan ini dibuat oleh teman-teman dari SD Tarakanita 2. Mereka coba menggabungkan permainan Egrang Batok dengan futsal. Jadi kita enggak pakai sepatu, tapi pakai batok kelapa, kids! 1. Bagi pemain jadi 2 tim, penendang dan penjaga gawang. 2. Masing-masing pemain dapat giliran menendang sekali. 3. Tim penendang bola harus menendang menggunakan

Egrang Batok. 4. Posisi penjaga gawang enggak perlu pakai Egrang

Batok. 5. Tim yang paling banyak mencetak gol jadi pemenang.

KOMENTAR TEMAN

Semua permainannya seru, enggak menyangka batok kelapa bisa dibikin permainan yang seru seperti ini. Menurutku yang paling sulit melompati halang rintang. Soalnya kalau kita salah posisi pas mendarat, kita bisa terpeleset. – Louis Albern, kelas 5A. Ternyata main bola pakai batok kelapa seru banget. Tantangannya enggak cuma memasukkan bola ke gawang, tapi kita juga harus memerhatikan langkah kita sebelum menendang bola. Terkadang saat menendang bolanya malah enggak kena dan batok kelapanya terlepas dari kaki kita. – Joseevano Er Perdana, kelas 5A. Menurutku yang paling susah lompatin halang rintang. Kita harus benar-benar menjaga keseimbangan kita dan harus menarik tali dan melompat di saat yang bersamaan. Kalau enggak, nanti akan berat saat melompat. – Anggrio Shane, kelas 5A. Menurutku semuanya sulit, tapi tetap seru dimainkan. Permainan seperti ini lebih seru dibandingkan main gadget. Soalnya kita bisa seru-seruan bareng teman kita. Terus bisa nyobain banyak tantangan baru bareng temanteman. – Terrano Radhitya, kelas 5A. Aku baru pertama kali mencoba permainan ini. Pas mencoba jalan saja susah banget. Kita harus menarik tali untuk mengangkat kaki kita. Tapi pas terus aku coba, ternyata seru. Apalagi pas disuruh nyoba tantang lompat dan nendang bola, walaupun agak sulit, tapi tetap bisa seru-seruan bareng teman. – Muhammad Narizky, kelas 5A.

FOTO: ALVIEN l Alvien

Yuk, main Egrang Batok dengan cara yang seru. Kita bisa menciptakan sendiri cara bermain yang lebih menarik. Ini di antaranya:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.