Bikin Huruf Sendiri

Sekilas terlihat kalau typography adalah graffiti.

XY Kids - - HALAMAN DEPAN -

M ungkin ini bagian dari doodling yang cukup unik dan menarik. Soalnya, kita bisa berkarya dengan menggunakan font yang dibikin sendiri. Hampir mirip dengan graffiti, namun ada beberapa perbedaaannya, kids! ● Alvien FOTO: PINTEREST, ABDUZEEDO

TYPOGRAPHY ITU …

Sekilas terlihat kalau typography adalah graffiti. Menurut Kak Ade Darmawan, Direktur Ruangrupa, typography dibuat agar kita menulis dengan font yang kita mau atau bikin sendiri.

“Bedanya dengan graffiti, kalau typography dibikin secara keseluruhan, mulai semua alfabet sampai ke tanda bacanya. Jadi semuanya punya ciri khas yang sama. Kalau graffiti, kita hanya bikin font sebatas kata yang mau kita buat saja,” jelas Kak Ade.

KARYA TYPOGRAPHY DIBUAT DI …

Typography lebih sering dibikin di atas kertas. Tapi sekarang banyak yang membuat font karya sendiri pakai komputer atau gadget, menggunakan sebuah softwere atau aplikasi. “Mungkin kalau typography dibuat di tembok, bisa disebut graffiti juga,” ucap Kak Ade.

ALAT YANG DIGUNAKAN:

1. Kertas 2. Pensil 3. Pulpen 4. Spidol

CARA BIKIN

Cara membuat typography seperti kita menulis biasa. Hanya saja hurufnya sedikit diberi ‘gaya’ unik. Setiap huruf punya ciri khas yang sama. Kita bisa memulainya menggunakan pensil, lalu ditebalkan dengan spidol.

TIPS

Untuk mulai membuat karya typography, enggak ada salahnya mencontoh karya orang lain dulu, kids! “Awalnya mencontoh karya yang sudah ada saja. Nanti setelah terbiasa menulis dengan font tersebut, baru mulai coba bikin style huruf sendiri,” bocor Kak Ade.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.