Konser Bali: Beats Of Paradise di Los Angeles

Kabari - - DAFTAR ISI - (Kabari1007, foto: dok. KJRI LA)

Konser Bali: Beats of Paradise baru saja digelar di Aratani Theater, Los Angeles. Selain menampilkan warisan budaya Pulau Dewata, acara yang dihadiri oleh sekitar 600 penonton tersebut juga merupakan perpisahan bagi Konjen RI di Los Angeles Umar Hadi yang akan segera bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan.

Pada pagelaran malam itu, gitaris kenamaan I Nyoman Balawan berkolaborasi dengan kelompok gamelan Bali asal California Selatan, grup Bhuana Kumala dan Buratwangi. Kedua grup gamelan tersebut diasuh oleh Profesor I Nyoman Wenten yang juga merupakan dosen tari dan gamelan Bali di UCLA dan California Institute of the Arts (CalArts). Tarian Bali yang ditampilkan seperti Tari Legong Tombol dan Taman Sari, diiringi tabuhan Gamelan Gong Kebyar yang juga menampilkan komposisi instrumental Tabuh Hujan Mas.

Sentuhan unik hadir melalui kolaborasi gamelan dengan saxophone dalam “Gambang Suling”. Tak hanya itu, grup Bali dan penari tap dance asal Amerika menampilkan kolaborasi bertajuk “Tap and ‘Cak”. Mantra tarian kecak yang ritmis dipadukan dengan ketukan tap dance yang dinamis sontak mengundang aplaus panjang dari hadirin.

Tampil pada puncak acara, musisi yang akrab dipanggil Balawan menampilkan kebolehannya bergitar solo dan mengiringi tampilan sang istri Ayu Kamaratih dalam lantunan Keroncong Kemayoran. Musisi yang dikenal dengan kepiawaiannya memainkan pentatonik nada-nada Bali dengan hampir semua jarinya tersebut juga ber-jam session dengan beberapa instrumen gamelan.

Ide “Bali: Beats of Paradise” berangkat dari keinginan Konjen Umar Hadi untuk menampilkan kebolehan grup tari dan gamelan Bali Burat Wangi yang rutin berlatih tiap minggu di gedung KJRI LA. Tim ini kerap tampil di berbagai acara, tidak hanya di AS namun juga di berbagai festival internasional. Sedangkan grup Bhuana Kumala merupakan grup seni budaya Bali di CalArts. Kejutan manis malam itu tatkala sang Konjen tampil sebagai penari dalam tari klasik Topeng Keras.

Topeng Keras oleh Konjen Umar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from USA

© PressReader. All rights reserved.