DestinAsian

JOGLO TEPI SAWAH

Manisan beriktikad menjadi restoran dengan koleksi menu Indonesia terlengkap di Ubud. Tapi kuliner bukan daya tarik satu-satunya.

- OLEH CRISTIAN RAHADIANSY­AH / FOTO OLEH PUTU SAYOGA outdoor maranggi wagyu. indoor hotelier. multisenso­ry dining.” Jl. Hanoman, Ubud; 0361/8468-933; manisan bali.com; buka setiap hari pukul 11:00-23:00.

secara lengkap. Dari situlah tercetus ide Manisan,” ujar Wahyu Putra, General Manager Alaya Ubud. Manisan adalah bagian dari Alaya, tapi restoran ini diletakkan agak terpisah dari hotel.

Sehari-harinya, dapur Manisan dipimpin oleh Made Siharta, koki yang pernah bekerja untuk Spa Village dan Kayumanis. Seluruh hidanganny­a merujuk resep tradisiona­l, tapi pemilihan bahan dan gaya presentasi­nya mengadopsi pendekatan modern. Untuk sate Purwakarta misalnya, Made memakai Sedangkan untuk mi Aceh, emping tak disertakan, mungkin karena kandungan kolesterol­nya. Manisan menampilka­n area dan

yang berkapasit­as total 128 tamu. Tegelnya yang antik dicetak di Tabanan. Piring dan mangkuknya dipesan dari Gaya. Sementara mebelnya dirancang oleh Made Wijaya, desainer kondang yang mangkat beberapa minggu sebelum Manisan diresmikan pada September 2016. Menuju ke belakang restoran, kita akan menemukan sebuah joglo renta asal Rembang yang bisa disulap menjadi pelaminan.

Di sekitar kompleks Manisan sebenarnya terdapat daya tarik lain yang cukup memukau, tapi mudah luput dari perhatian: lampu taman. Terinspira­si ornamen budaya lokal, lampu-lampu ini memakai batang tembaga yang diukir menyerupai bambu dan dilengkung­kan layaknya penjor, sementara tudung bohlamnya didesain mirip perangkap babi liar. Sentuhan estetis ini dibuat oleh Pintor Sirait, seniman yang sepertinya memiliki magnet di kalangan Pintor jugalah yang mendesain instalasi di lobi Artotel Sanur dan Alaya Kuta. Melalui ikhtiarnya, Manisan tanpa disadari tengah menawarkan “Untuk pertama kalinya, kita bisa menikmati kreativita­s Pintor Sirait, Made Wijaya, dan William Wongso di satu tempat.

 ??  ??

Newspapers in English

Newspapers from China