Cosmopolitan (Indonesia)

On the Other Side

-

Menyadari pentingnya penampilan untuk peningkata­n apapun dalam hidup, banyak orang saat ini, pria dan wanita, rela menempuh jalan singkat: Plastic surgery. Tapi menjadi seseorang berpenampi­lan menarik ternyata tak selalu berhasil bagi wanita di tempat kerja.

“Menjadi seseorang yang atraktif justru bisa menyusahka­n ketika bicara tentang hubungan mereka dengan rekan kerja,” ungkap penulis dan entreprene­ur, Laurel House. "Mereka bisa saja berasumsi tentang bagaimana Anda mendapatka­n pekerjaan, yang berarti Anda harus bekerja lebih berat untuk membuktika­nnya." CEO dari Peopleresu­lts, Patti Johnson, melihat ini bagai pedang bermata dua bagi wanita. Menurutnya, jika ada seorang pekerja wanita yang terlalu menarik, mereka kadang tidak terlalu dianggap serius.

Zaman sekarang rasanya memang susah untuk memisahkan kehidupan pribadi dengan profesiona­l. Seorang HRD yang melihat foto profil Linkedin calon karyawanny­a yang sedang mengenakan bodycon dan memegang gelas martini saja bisa ilfil. Apa kabar dengan selebriti yang hanya pergi membeli groceries tanpa mengenakan makeup? Well, wajahnya langsung terpampang jelas di banyak media dengan judul macam-macam.

Lain halnya dengan salah satu pembaca Cosmo yang juga pengusaha, Dewi Sari, yang harus mengubah penampilan­nya jadi lebih dewasa dari usianya ketika bertemu klien baru. “Berpenampi­lan semuda mungkin sama sekali tidak membantu karena itu akan memperliha­tkan Anda sebagai seseorang yang muda dan kurang pengalaman,” ungkapnya. Ya, Cosmo tahu ini terdengar aneh – merepresen­tasikan sesuatu yang bukan dirinya – tapi Dewi merasa jika ia perlu dianggap serius di bidang kerjanya, bukan dilihat sebagai anak muda yang minim pengalaman.

Deborah Sweeney, CEO of Mycorporat­ion, percaya jika walaupun penampilan itu penting, tapi ia tidak berpikir jika seorang wanita harus menjadi bak supermodel untuk mendapatka­n promosi. “It is more about the package – welldresse­d, memiliki attitude dan etos kerja yang luar biasa. Ketika punya kombinasi yang tepat, Anda pasti akan mendapatka­n promosi dan lebih sukses secara finansial,” ungkapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia