20, Terrific, Thriving

Cosmopolitan (Indonesia) - - CONTENTS - Oleh: hana Devarianti, Silvya Winny, Kezia Calesta. Fotografer: hadi Cahyono, insan Obi.

Yang muda, yang berkarya. Itulah yang menggambarkan dua puluh wanita ini. Lewat prestasi yang ditorehkan dan kesuksesan yang telah diraih, mereka membuktikan kalau age is just a number. Bagaimana anda menggambarkan diri anda? I’m very passionate about healthy food, wellness, and sustainable living. Makanya saya membangun Burgreens yang menyediakan makanan organik dan sehat. apa yang memotivasi anda? Pekerjaan saya, karena ini passion saya. Setiap hari saya selalu bangun dengan semangat untuk bekerja. saran terbaik yang pernah anda terima? Tidak ada satu rumus untuk kesuksesan. Jangan membandingkan diri dengan orang lain dan coba untuk melihat segala hal dari perspektif yang berbeda. hal unik dari profesi anda? Wanita itu minoritas di dunia penerbangan. Saya ini feminin dan petite dibanding pilot wanita lainnya. Orang menyangkanya saya ingin jadi pramugari, padahal pilot lho. tantangan terbesar yang pernah dihadapi? Serangan mental. Di masa itu belum banyak pilot wanita dan biasanya sering diragukan kapabilitasnya. Saya ditantang untuk tetap jadi diri sendiri dan mempertahankan sisi feminin. pelajaran yang melekat sampai sekarang? Jangan takut untuk jadi antimainstream. Tentukan pilihan, kejar impian, dan jangan ragu untuk ambil kesempatan.

APA yang membuat Anda, Anda? Setiap hal yang saya kerjakan, saya tidak pernah fake myself. Saya apa adanya dan tidak jaim. HAL paling Cosmo yang pernah Anda lakukan? Saya berusaha memberikan yang terbaik untuk orangorang di sekitar saya. pelajaran terbesar waktu berusia 20An? Never be afraid to take challenges. Katakan ‘bisa’ pada hal apapun. Kalau gagal, you get up again and learn from your mistake. APA pencapaian yang paling Anda banggakan? Saya wanita independen sejak umur 18 tahun. Saya bisa membayar uang kuliah sendiri. Ketika di usia 20, saya bekerja dan memiliki karier menjanjikan. Dengan kerja keras, hampir setiap tahun saya dapat promosi di kantor. APA yang menginspirasi Anda? Wanita-wanita hebat yang ada di sekitar saya. Saya melihat kalau mereka punya dua kepribadian, di satu sisi mereka smart dan independent tetapi mereka juga tahu cara untuk bersenang-senang. saran terbaik yang pernah Anda terima? Om saya pernah bilang, “If you see what you believe and if you believe what you see, then just do it! Fokus dan lakukannya dengan sepenuh hati. Jangan takut gagal, karena kalaupun Anda gagal the world will always be there for you.” kata yang menggambarkan Anda di usia 20An? Ambisius. mengapa memilih profesi sebagai tattoo artist? Dari dulu saya memang dekat dengan seni. Ibu saya seorang pelukis, lalu kakek saya bertato. Dia yang kemudian membuat saya semakin penasaran dengan tato sampai akhirnya saya memutuskan untuk mendalaminya. APA yang membuat Anda, Anda? Style tato dan cara saya dalam berkarya. Saya tidak pernah merencanakan tato-tato saya, kecuali satu tato di bagian kaki. Ini menceritakan kisah hidup saya sebagai seorang tattoo artist. APA HAL yang paling Cosmo dari Anda? Passionate. Untuk fokus dan bekerja dengan maksimal, saya harus menikmati dan menyukai pekerjaan saya.

apa yang anda Sukai dari memasak? Memasak itu handcrafting, banyak bahan-bahan yang berasal dari tempat berbeda dikombinasikan jadi satu produk yang membuat orang lain bahagia. Saya senang saat orang lain bisa menikmati hidangan yang saya ciptakan. apa tantangan terbesar yang pernah anda hadapi? Sebagai seorang chef, you can never please everyone. Orang selalu memiliki preferensi sendiri, tetapi saya tidak menganggap itu sebuah tantangan yang berat. In fact, I can take challenges.

Saran terbaik yang pernah anda dapatkan? Saya pernah baca, di usia 20an Anda harus mencari tahu passion, purpose, dan value. Cari tahu yang Anda suka, tujuan Anda melakukannya, dan bagaimana hal tersebut bisa membawa dampak baik. Karena kalau tidak bermanfaat buat orang lain, itu tidak akan ada maknanya. hal yang paling Cosmo dari anda? I’m very driven. Sebagai seorang wanita kadang ada rasa takut untuk memimpin, tetapi saya berani untuk membangun dan memimpin perusahaan. Menurut saya, wanita itu harus nekat, harus berani mencapai tujuan yang diinginkan.

awal mula tertarik dengan fashion? Sejak 2009 saya sudah suka blogging dan membahas fashion. Dari yang awalnya hanya sharing, hingga saya bisa memiliki pekerjaan sebagai marketing communication untuk perusahaan retail Indonesia dan punya “sampingan” sebagai fashion influencer. hal yang paling membanggakan buat anda? Dulu saya tidak bercita-cita jadi seorang wanita karier, namun hidup telah membawa saya ke jalan ini. Saya bangga karena kini saya memiliki karier dan beberapa bisnis sampingan, juga kesempatan untuk melakukan banyak hal di usia muda.

APA yang bikin jatuh cinta jadi penyiar radio? Ketika Anda jatuh cinta dengan seseorang, susah dijelaskan kenapa bisa begitu kan? Haha... Rasanya saya pun begitu. Anyway, sejak kecil saya sering berlatih jadi presenter TV. Kebiasaan ngomong ini sekarang jadi ‘menghasilkan’. inspirasi Anda dalam pekerjaan? Ketika melihat orang lain bisa melakukannya, pasti kita bisa melakukannya. Bahkan lebih dari itu! saran berguna dalam menjalani karier? Dari seorang teman, “Saat teman sukses, jangan pernah iri tapi ikut bahagia. Karena rezeki teman Anda akan jadi rezeki Anda juga.” APA yang membuat Anda, Anda? Saya itu tidak bisa bohong. Kalau suka saya akan bilang suka. Kalau tidak ya tidak. Dalam menjalankan apapun saya selalu berusaha untuk jujur. menurut Anda, APA yang paling Cosmo dari Anda? Fun! Buat saya, jangan terlalu dibawa serius dan jangan terlalu memikirkan apa kata orang.

APA yang menginspirasi Anda? Tentu saja ketika bertemu dengan orang-orang yang baru dan jalan-jalan ke tempat yang indah. Karena semakin sering saya traveling, saya semakin sadar kalau masih banyak yang belum saya ketahui. HAL yang paling Cosmo dari Anda? Fearless! Jujur, saya cukup nekat kalau traveling. Saya malah pernah solo traveling ke negara yang sedang zona merah. Buat saya, yang penting coba saja dulu. Kalau ternyata perjalanan saya tidak sesuai yang diharapkan, paling tidak itu bisa jadi pelajaran baru untuk saya. pelajaran berharga yang pernah Anda dapat ketika berusia 20An? You have to live independent. Meskipun masih muda tidak ada salahnya untuk mulai hidup mandiri dan tidak bergantung pada orangtua.

apa yang membuat anda, anda? Saya menyukai diri saya apa adanya. Saya tahu tidak ada orang yang sempurna dan kini saya bahagia karena akhirnya saya bisa menerima diri sendiri. Dengan begitu, Anda juga akan dikelilingi orang yang menyukai the real you. apa hal yang paling Cosmo tentang anda? Saya rasa saya seseorang yang berani. Apalagi sejak membuka usaha sendiri, saya dihadapi dengan banyak risiko karena tidak ada garansi bahwa saya akan sukses. Kalau kita jatuh bangun untuk menempuh sesuatu yang sulit demi mengejar mimpi, menurut saya itu suatu hal yang berani. apa nasihat terbaik yang pernah anda terima? Anda bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda sendiri. Lingkungan, situasi, atau perkataan orang lain bisa memberikan dampak, namun pada akhirnya, you’re the one with the power.

Bagaimana ide awal membangun Blobar Salon? Saya dan partner ingin mendirikan salon kecantikan yang unik untuk pasar anak muda yang ekspresif. Kami menemukan bahwa salah satu cara untuk mengekspresikan karakter seseorang adalah dengan eksperimen warna rambut. Maka hadirlah Blobar yang fokus di hair coloring yang bold, dari warna abu, rose gold, hingga unicorn summer hair! apa yang menginspirasi anda dalam Berkarya? Para pekerja seni, di mana pun mereka berada. Mereka yang terus mendorong saya untuk berkarya dan menghasilkan ide-ide “gila” yang tentunya juga disuka oleh para klien. apa hal yang paling tentang anda? Tentu saja fearless. Saya tidak takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru meskipun belum tentu berhasil. It’s part of the journey. Kalau Anda tidak mencoba, Anda tidak akan pernah tahu.

Yang membuat profesi anda beda? Live sound production yang saya geluti itu mostly diisi oleh para pria. Banyak yang meragukan saya, tetapi saya nekat saja. Ini jadi salah satu momen fun fearless bagi saya. saran Yang paling diingat? Pekerjaan jangan dijalani sebagai pekerjaan, ini justru bikin kita terbebani. Lihatlah pekerjaan seperti hobi. satu kata tentang anda di usia 20an? Eksperimental! target dalam karier Yang ingin dicapai? Saya ingin Indonesia hilang dari cap ‘sepi konser’. Kalimat ini bikin saya sedih. Saya ingin membawa Indonesia dipandang sebagai negara yang punya konser seru di dunia internasional.

pelajaran berharga di usia 20? Banyak yang bilang akan terjadi life crisis, tapi menurut saya itu hanya mindset. Keinginan yang mendorong Anda untuk sukses. Dan terpenting, lihat ke atas untuk memotivasi diri, tapi ingat juga untuk melihat ke bawah supaya kita selalu merasa bersyukur. Yang menggambarkan anda di usia 20an? Life is a roller coaster. pesan untuk pembaca di usia 20an? Learn the process, apalagi di era digital kita akan terima banyak informasi. Hal ini bisa bikin tidak fokus. Jika ingin mengerjakan suatu pekerjaan dengan terburu-buru, jangan lupa dengan esensi awalnya. Learn from the masters and work with your colleague.

hal Yang paling berkesan waktu berusia 20 tahun? Umur 20 itu waktu yang paling menyenangkan! Di usia ini, saya akhirnya bisa “kecemplung” secara profesional di industri musik karena dikontrak dengan label musik. apa Yang membuat anda, anda? Hmmm, mungkin ini agak self proclaim… Namun, saya hidup in between. Saya boyish, tetapi juga feminin. Untuk profesi, saya bekerja di depan layar sebagai penyanyi tetapi juga di belakang layar sebagai penulis lagu untuk penyanyi lainnya dan untuk soundtrack film. Belakangan saya juga terjun jadi komposer, membuat ilustrasi musik untuk film. So, I’m everything in between.

Hal apa yang orang tidak ketahui tentang profesi anda? Kedokteran itu adalah seni. Banyak orang yang beranggapan kalau di dunia kedokteran, satu tambah satu sama dengan dua. Padahal, tidak sekaku itu. Setiap pasien harus diobati dengan cara yang berbeda, dan cara penanganan setiap dokter ke setiap pasien pun berbeda. Hal yang paling anda banggakan saat ini? Saya adalah satu-satunya host acara kesehatan wanita di seluruh dunia. Saya juga seorang ibu yang bisa membagi waktu antara karier dengan keluarga, terutama waktu dengan anak saya. pelajaran terbesar yang pernah anda dapat ketika berusia 20an? Dulu saya berpikir kalau kesuksesan diukur dari uang, tetapi setelah melewati usia 20 saya jadi paham kalau kesuksesan tidak ada hubungannya dengan uang. Buat saya yang sekarang, kesuksesan itu ketika keluarga saya bahagia.

bagaimana anda mendeskripsikan diri anda? I’m crazy, unpredictable, and fun. apa yang membuat anda, anda? Saya mengawali karier di usia 16 sebagai seorang aktris, namun pada usia 26 saya mulai lagi dari nol untuk menjadi seorang pengacara. Dua pengalaman tersebut memberikan warna dalam hidup saya dan membuat saya berbeda dari yang lainnya. pencapaian yang paling anda banggakan saat ini? Selain pekerjaan kantor, saya sebenarnya sedang menjalankan tiga bisnis untuk pertama kalinya. Jadi, kebanggaan saya adalah balancing everything –waktu untuk keluarga, teman-teman, hubungan asmara, juga untuk saya sendiri. apa Hal yang paling Cosmo tentang anda? I’m very fearless. Malah, orang lain yang takut dengan pekerjaan saya sebagai seorang litigator di negara ini –and I love it!

APA hal yang menarik dari profesi Anda? Ini adalah hal yang saya suka, karena saya bisa mengekspresikan apa yang ada dalam gagasan dan pikiran saya. Senangnya lagi, saya punya kebebasan untuk mengekspresikan diri lewat sebuah karya seni. APA hal yang membuat Anda unik? Karena saya selalu percaya diri. Saya tidak peduli asumsi orang, saya lakukan apa yang saya suka. pesan untuk pembaca di usia 20An? Follow your heart tapi juga bertanggung jawab dengan pilihan yang sudah diambil. Jalani dengan konsisten dan persistent.

APA yang menginspirasi Anda? Alam! Alam selalu memberikan saya banyak hal ketika saya membutuhkan inspirasi. Makanya, alam punya peran penting dalam apapun yang saya lakukan dalam hidup. satu kata yang menggambarkan Anda di usia 20An? Fearless. Sejak menginjak usia 20an, saya lebih berani untuk mengeksplorasi apapun, mulai dari diri saya sampai pekerjaan saya. Sekarang saya selalu bilang, “C’mon Putri, ayo eksplor lebih dalam lagi!” saran terbaik yang pernah Anda terima? Seseorang pernah bilang ke saya, sebagai seorang wanita, jangan pernah takut keluar dari zona nyaman dan bermimpi. Dengan begitu, hidup Anda pun jadi lebih berwarna.

APA yang menginspirasi Anda? Pahlawan Indonesia. Saya memang senang membaca buku sejarah dan mencari tahu perjuangan pahlawan-pahlawan kita. Hal itu membuat saya selalu serius dalam apapun yang saya lakukan, karena saya tahu kalau dulu ada orang yang berjuang untuk saya. APA yang paling Anda banggakan saat ini? Jujur, saya orangnya sangat ambisius. Saya harus mendapatkan apa yang saya mau. Namun, kan tidak selamanya seperti itu. Lalu, saya bertemu dengan yoga. Dalam yoga, saya diajarkan lebih santai dan relaks. Sekarang hidup saya lebih zen dan saya bangga bisa seperti itu.

patricia yora 25 tahun Pilot

Helga angelina 26 tahun Co-founder/ Managing Director Burgreens

nadya natassya 31 tahun Tattoo Artist

Cissylia stefani 26 tahun VP Marketing Brand Gojek Indonesia

Michelle Maryam 25 tahun Founder dan Designer Maryalle

Renatta Moeloek 23 tahun Koki Dinar amanda 24 tahun Co-founder/ Marketing Director Rollover Reaction Caroline Robianto Marketing Communication Manager 28 tahun

Kadek arini 26 tahun Travel Blogger/writer

Cia Wardhana 29 tahun Penyiar Radio

Cosmo Merrie elizabeth 30 tahun Beauty Enterpreneur Blobar Salon

Gita Sjahrir 35 tahun Founder/trainer Ride Jakarta

nadya Fatira 31 tahun Musisi

Gianni Fajri 26 tahun Film and Creative Director

Sarah Deshita 29 tahun Brand Manager Ismaya Live

Reisa Broto asmoro 31 tahun Dokter dan Pembawa Acara Kesehatan

Nadia saphira 29 tahun Pengacara

Talita Nastiti Maranila 26 tahun Seniman shahnaz soehartono 28 tahun News Anchor Putri Marino 24 tahun Traveler/aspiring Actress

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.