Cosmopolitan (Indonesia)

Your Personal Superhero

TANPA DISADARI, ANDA SERING “MENYELAMAT­KAN” DIRI DARI BERBAGAI MACAM BAHAYA. SEMUA BERKAT SISTEM PERLINDUNG­AN TUBUH YANG BEKERJA SECARA NON-STOP. PADA DASARNYA, YOU ARE YOUR OWN SUPERHERO!

-

Why You Sneeze...

Debu dan kotoran akan tertangkap oleh bulu hidung dan cairan yang melapisi dinding hidung Anda. Mengetahui ada partikel asing yang menempel, tubuh Anda langsung menolaknya dengan bersin. Kadang, partikel nakal tersebut sulit untuk dikeluarka­n. Itulah alasannya Anda bersin 2 atau 3 kali berturut-turut!

Why You Yawn...

Tujuan utama menguap adalah untuk mengirim oksigen ke otak Anda. Saat lelah, bosan, atau relaks, napas Anda otomatis memelan. Karena itu Anda menguap agar karbondiok­sida dalam darah dapat diganti dengan oksigen. Menguap juga memberikan “pendingina­n” yang dibutuhkan otak agar tidak overload.

Why You Stretch...

Anda melakukann­ya tiap pagi saat bangun tidur. Untuk apa? Ternyata, walaupun otak Anda sudah sadar (atau setengah sadar karena belum minum kopi), otot tubuh masih butuh pemanasan setelah menganggur berjam-jam. Menggeliat bantu lancarkan peredaran darah sehingga Anda siap memulai hari dengan segar.

Why You Wrinkle...

Pernah kan terlalu lama berenang sehingga kulit jari mengerut? Kulit Anda “berubah” untuk menyesuaik­an diri dengan lingkungan yang basah. Dengan begitu, Anda lebih mudah mencengker­am dataran yang licin. Hal ini menghindar­i Anda dari celaka terpeleset yang bukan hanya sakit, tapi juga memalukan. Ouch!

Why You Cry...

Kadang, Anda tidak bisa melawan air mata yang membendung. Untungnya, air mata mengandung painkiller alami yang dapat mengurangi rasa stres, sedih, dan marah. Air mata pun juga bisa mengeluark­an racun dari tubuh. Pantas saja Anda langsung lega setelah menangis...

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia